Ini Spesies Ikan Belida Sumsel

Ini Spesies Ikan Belida Sumsel

Ikan Belida.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Ikan Belida atau masyarakat Palembang akrab menyebutnya dengan Iwak Belido merupakan spesies ikan yang hidup di air tawar seperti sungai, rawa, dan danau.

Iwak Belido juga sering disebut merupakan ikan khas Provinsi Sumatera Selatan. Karena populasinya sangat banyak terdapat di Sungai Musi Palembang, dan perairan musi lainnya di Sumatera Selatan seperti di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin, Musi Banyuasin (Muba).

Bahkan, pada Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Nasional) ke VI di Palembang tahun lalu, Ikan Belida menjadi Maskot Provinsi Sumatera Selatan. Alasannya, karena ikan ini merupakan ikan khas dari Sumatera Selatan yang memiliki energi luar biasa.

Tak hanya itu, Pemerintah Kota Palembang pun membuat ikon tepat di tengah-tengah pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) berupa Ikan Belido yang mempunyai bobot 3 ton, dengan tinggi 12 meter dan lebarnya mencapai 22 meter.

BACA JUGA:Jaga Ekosistem Ikan Belida, IKA Unsri Gelar Diskusi

Kendati demikian, Ikan Belida memiliki beberapa jenis yakni, Ikan Belida Albino, Belida Jawa, Belida Bangkok, Belida Royal, Belida Terbesar, dan Ikan Belida Nile Afrika.

Dari sekian banyak spesies Ikan Belida ternyata ada beberapa jenis yang masuk kategori dilindungi oleh pemerintah. Bahkan, jika ada yang kedapatan menangkap atau memeliharanya bisa didenda ratusan juta sampai miliaran rupiah.

Dilansir dari koransumeks.com, berikut ini spesies Ikan Belido yang dilindungi habitatnya.

1. Ikan Belida Borneo

Memiliki ciri fisik berwarna perak dan memiliki pinggiran berwarna hitam yang terdapat pada daerah sirip ekor, sirip dubur, dan bagian belakang bawah tubuh. Bentuk mulutnya seperti kantung yang membuka ke arah belakang.

BACA JUGA:5 Fakta Tentang Ikan Belida yang Jadi Maskot Kota Palembang

Ikan ini sering disebut juga sebagai ikan bulu punggung karena pada sirip bagian punggung memiliki bentuk seperti bulu kecil dan pada sirip ekor terlihat menyatu dengan sirip dubur. Bentuk kepalanya cekung yang letaknya berada di dekat punggung.

Habitat belida borneo ini adalah perairan tawar dan bersifat demersal atau makan dan hidup di dasar air. Meski namanya belida bornea, sebenarnya wilayah sebarannya ada di Kalimantan dan Sumatra.

2. Ikam Belida Sumatera (Chitala Hypselonotus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: