Invasi Rusia ke Ukraina, Putin Bandingkan dengan PD Melawan Invasi Nazi Jerman

Invasi Rusia ke Ukraina, Putin Bandingkan dengan PD Melawan Invasi Nazi Jerman

Vladimir Putin dikawal.--

MOSKOW, SUMEKS.CO - Peringatan Perang Dunia (PD) II dimanfaatkan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk meraih dukungan dalam operasi militernya di Ukraina. Bahkan Putin membandingkan invasi militer yang dilakukan Rusia saat perang melawan invasi Nazi Jerman pada Perang Dunia II.

Dilansir AFP, Jumat 3 Februari 2023, Putin mengisyaratkan bahwa Rusia bisa saja menggunakan senjata nuklir dalam perang di Ukraina.

Dalam beberapa kesempatan, Putin menggunakan Perang Dunia II untuk mempromosikan agenda politiknya dalam beberapa tahun terakhir. Sementara Kremlin berupaya memberikan status kultus untuk kemenangan Moskow dalam apa yang disebutnya sebagai Perang Patriotik Hebat.

Putin yang menghadiri peringatan 80 tahun kemenangan Uni Soviet dalam Pertempuran Stalingrad di Volgograd untuk menegaskan apa yang dicapai dengan biaya sangat besar. Putin berusaha meningkatkan dukungan untuk invasinya ke wilayah Ukraina.

BACA JUGA:Setahun Menahan Diri, China Kritik Invasi Rusia ke Ukraina

Dia bahkan membandingkan apa yang disebut Kremlin sebagai 'operasi militer khusus' di Ukraina dengan perang melawan Nazi Jerman tahun 1941-1945 silam. Putin juga mengklaim Rusia siap untuk bertempur 'sampai akhir'.

"Berulang kali kita dipaksa untuk menghalau agresi kolektif Barat," ucap Putin saat berbicara di kota Volgograd, yang sebelumnya dikenal sebagai Stalingrad itu.

"Kita tidak mengirimkan tank-tank ke perbatasan mereka tapi kita memiliki sesuatu untuk ditanggapi, dan itu tidak hanya soal penggunaan kendaraan-kendaraan lapis baja. Semua orang harus memahami ini," tegasnya.

"Perang modern dengan Rusia akan sepenuhnya berbeda," cetus Putin dalam pidatonya pada Kamis 2 Februari 2023 waktu setempat. (detik.com/dom)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: