Daihatsu Setop Produksi Xenia RWD, ini Alasannya

Daihatsu Setop Produksi Xenia RWD, ini Alasannya

Daihatsu Xenia.--

JAKARTA, SUMEKS.CO - Keputusan penting diambil Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam memproduksi salah satu kendaraannya. 

Perusahaan otomotif asal Jepang itu mengumumkan menghentikan produksi Xenia penggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD) mulai Januari 2023.

Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Marketing Director dan Director Corporate Planning & Communication Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani di Karawang, Jawa Barat, Kamis 2 Februari 2023.

"Per Januari ini kita tidak memproduksi lagi Xenia RWD," kata Agung.

BACA JUGA:Rilis All News Xenia, Optimis Dominasi Pasar di Palembang

Sebagai gantinya, lanjut Agung, pihaknya telah menyiapkan model untuk menggantikan varian tersebut. Menurutnya, Xenia tipe M bertransmisi manual untuk menggantikan model yang sebelumnya. Dia mengatakan, produksi Xenia model lama saat ini difokuskan hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen fleet.

Sementara, untuk konsumen ritel sudah tidak diproduksi lagi. Menurut dia, keputusan setop produksi Xenia RWD karena ada pergeseran pasar ke generasi baru yang sudah berubah total.

Generasi baru Xenia tampil dengan ubahan mendasar, yaitu penggunaan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang mengubah sistem penggerak roda menjadi ke depan alias FWD (Front Wheel Drive).

Daihatsu All New Xenia mengusung pilihan mesin NR-VE 1.300 cc dan 1.500 cc Dual VVT-i dengan penyematan transmisi matik baru jenis CVT. Sejak hadir di Indonesia pada 2004, Xenia memakai penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD).

BACA JUGA:All New Xenia Touring Dalam Kota Palembang

Saat generasi baru minibus low multi purpose vehicle (LMPV) Xenia meluncur pada November 2021 lalu, Daihatsu masih memproduksi Xenia RWD, tetapi hanya satu varian yaitu 1.300 X MT. Alasan Daihatsu masih memproduksi Xenia RWD saat itu, karena peminatnya masih besar terutama untuk market fleet atau borongan. "Mobil ini udah diluncurkan dari dulu, tapi spesifikasinya kita kasih yang basic," katanya. (Antara/jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: