Suzuki Celerio vs Daihatsu Ayla, Mana yang Lebih Unggul di Segmen Hatchback?

Suzuki Celerio vs Daihatsu Ayla, Mana yang Lebih Unggul di Segmen Hatchback?

Suzuki Celerio 2023 versus Daihatsu Ayla.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Membahas mobil hatchback memang tidak ada habisnya. Banyak merek yang bersaing di segmen ini termasuk Suzuki Celerio dan Daihatsu Ayla.

Kedua mobil ini terus bersaing memberikan beragam fitur canggih demi menarik hati calon konsumen.

Namun dari kedua mobil hatchback ini mana yang paling mumpuni? Simak ulasan berikut:

1. Desain dan Dimensi

BACA JUGA:Suzuki Celerio Hatchback Makin Ramai Diperbincangkan, Simak Keunggulannya Berikut Ini

Secara desain, Suzuki Celerio memiliki bentuk yang cukup simpel dengan tetap mempertahankan desain dari generasi sebelumnya.

Namun terdapat beberapa pembaruan di bagian eksterior, yaitu pada model seperti tambahan headlights LED, running light LED , dan beberapa tambahan lainnya.

Kemudian pada Suzuki Celerio terdapat beberapa tambahan fitur baru berupa power outlet, cruise control, vanity mirror, layar display 6,1 inci, serta cup holder depan.

Untuk dimensi Suzuki Celerio memiliki panjang 3.600 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.540 mm, juga jarak sumbu roda 2.405 mm. Semua tipe Suzuki Celerio mendapatkan kapasitas tangki bahan bakar 37 liter.

BACA JUGA:Suzuki Celerio Masuk Daftar 7 Mobil Hatchback Terbaik dan Irit Bahan Bakar

Beralih ke Dihatsu Ayla, hadir dengan kesan agresif yang ditampilkan oleh garis-garis baru yang tampak tajam dan sporty.

Sementara, dimensi Daihatsu ayla lebih besar dibandingkan Celerio yakni panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.515 mm, dan jarak sumbu roda  2.455 mm.

Dimensi Daihatsu Ayla sama seperti Toyota Agya juga memiliki dimensi yang kurang lebih sama seperti itu, bedanya tinggi Agya ada di 1.505 mm.

Beranjak ke fitur mobil juga menawarkan beragam fitur canggih seperti Multi Information Display (MID), takometer, eco indicator, dan head unit 2 DIN dengan kemampuan memutar CD, MP3, USB, dan AUX.

BACA JUGA:Suzuki Celerio 2023 Hatchback Mendobrak Pasar, Honda Brio, Toyota Agya, Daihatsu Ayla Siap-Siap Ditinggal

2. Mesin dan Performa

Suzuki Celerio masih mempertahankan spesifikasi mesin dari generasi sebelumnya, yakni 988 cc, K10B 1.0 liter 3 silinder segaris VVT-i,16 katup, dengan sistem injeksi PGM-FI.

Di atas kertas, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 65,7 PS (88,7 dk) pada 5.500 rpm dan torsi maksiimal 90 Nm pada 3.500 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui dua tranmisi, yakni transmisi otomatis (CVT) empat percepatan dan transmisi manual lima percepatan.

BACA JUGA:Suzuki Celerio Hatchback Dibandrol Rp50 Jutaan, Karyawan Gaji UMR Mampu Beli

Sementara, pada Daihatsu Ayla mengusung mesin 3 silinder segaris, DOHC, cc, Dual-VVTi (WA-VE) yang menghasilkan tenaga 88 dk di 6.000 rpm dan torsi puncak 113 Nm pada 4.500 rpm.

Mesin itu menggunakan transmisi manual lima percepatan dan transmisi otomatis (CVT) 5 percepatan, dengan tambahan Paddle Shift dan Power Mode.

3. Fitur Keselamatan dan Keamanan

Semua varian Suzuki teleh dilengkapi dengan fitur keselamatan salah satunyan Celero, mobil ini telah dibekali fitur dual airbag di depan, side impact beam, seatbelt reminder, dan sensor parkir.

BACA JUGA:Suzuki Celerio 2023 Hatchback Stylish dengan Performa Optimal

Dan juga dilengkapi dengan fitur pengeraman Anti lock Braking System (ABS) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution).

Sementara Daihatsu Ayla tidak banyak fitur yang mencolok, namun tetap memiliki fitur-fitur seperti Seat Belt Reminder, HSA (Hill Start Assist), VSC (Vehicle Stability Control), ABS dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution).

4. Harga

Bicara harga Suzuki Celerio dipastikan unggul karena mobil garapan Suzuki ini menawarkan harga yang super murah, untuk harga Celerio saat dibandrol dengan harga Rp 97 jutaan.

BACA JUGA:Menggiurkan! Suzuki Celerio Hatchback Kini Hadirkan Desain Cantik dan Fitur Canggih, Cek Spesifikasinya

Bahkan mobil ini digadang-gadang  memberikan harga termurah di segmen hatchback.

Sedangkan, Daihatsu Ayla tahun 2023 di jual dengan harga Rp 134, lebih mahal 37 juta dibandingkan Celerio.

Itulah, berapa perbedaan dari Suzuki Celerio dan Daihatsu Ayla, overall kedua merek mobil ini memiliki keunggulan masing-masing.

BACA JUGA:Tawarkan Kemewahan Interior, Suzuki Celerio Saingi Honda Brio, Totoya Agya dan Daihatsu Ayla

Jika ingin mendapatkan dimensi dan mesin yang lebih besar Daihatsu Ayla dapat menjadi pilihan, namun untuk harga Suzuki Celerio tetap lebih unggul karena dibandrol lebih murah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: