Hore! Pertamina, VIVO, BP, dan Shell Kompak Turunkan Harga BBM

Hore! Pertamina, VIVO, BP, dan Shell Kompak Turunkan Harga BBM

Pengendara mengisi BBM Pertalite di salah satu SPBU-Foto: Dok. Sumeks-

“Karena kan harga BBM nonsubsidi, ya khususnya, ini kan mengikuti harga minyak global, kalau tren globalnya tidak naik turun saya rasa tidak perlu ada penyesuaian [per minggu], nanti kita akan melihat,” kata Ega di Gedung Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Rabu 4 Januari 2023.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ingin harga bahan bakar minyak atau BBM jenis Pertamax diumumkan setiap pekan.

BACA JUGA:Update Harga BBM Malam Ini, 7 Januari 2023 di Sumsel, Minyak Non Subsidi Masih Tetap Belum Ada Kenaikan

Pasalnya, Pertamax merupakan BBM pasar yang harganya fluktuatif. Sementara ini, pengumuman harga Pertamax masih dilakukan sebulan sekali.

“Pertamax ini kan BBM pasar. Artinya konsumen berhak tahu harga minyak dunia naik atau turun,” ujar Erick di SPBU Pertamina MT Haryono, Tebet, Jakarta, Selasa, 3 Januari 2022.

Erick tidak ingin timbul persepsi bahwa Pertamina melakukan pemborosan. Misalnya ketika harga BBM sudah turun, tapi Pertamina tidak menurunkan harga. Padahal, kata dia, BBM subsidi jenis Solar pun masih disubsidi pemerintah Rp 6.500 per liter.

“Kalau kita lakukan transparansi data kan bagus. Masyarakat bisa tahu harga Pertamax minggu ini turun. Dan kalu naik, juga jangan marah. Kami ingin mengikuti pasar yang memang undang-undangnya sudah jelas,” terang Erick.

BACA JUGA:Yeay! Harga BBM Turun, Cek Harga Terbaru Pertalite di 34 Provinsi Per 7 Januari 2023

Namun sebelumnya, Erick juga mengatakan bahwa sebelum harga Pertamax diumumkan per pekan, maka harus melalui sejumlah pembicaraan dengan berbagai pemangku kebijakan terlebih dahulu.

"Ini kita mau konsul dulu agar harga Pertamax bisa diumumkan tiap minggu, biar bisa sama kayak harga pasar. Kalau tiap minggu kira-kira harga sekian, karena BBM dunia harga sekian,” ujar Erick di Kementeriann BUMN, Senin, 2 Januari 2023.

Berikut harga BBM di seluruh SPBU di Indonesia per 7 Januari 2023:

Aceh

Pertamax 12.800

Pertamax Turbo 14.050

Dexlite 16.150

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: