Kue Bay Tat Oleh-oleh Wajib Khas Bengkulu, Berikut Resep dan Cara Membuatnya

Kue Bay Tat Oleh-oleh Wajib Khas Bengkulu, Berikut Resep dan Cara Membuatnya

Kue Bay Tat khas Bengkulu.-Foto: Mia Utari/sumeks.co-

Campurkan semua bahan basah dengan mikser.

Siapkan wadah, lalu masukkan gula, mentega, telur, baking powder, vanili, adas manis, dan garam. Mikser hingga adonan berwarna putih dan mengembang. 

Setelah itu, masukkan beberapa tetes pewarna kuning. Aduk kembali menggunakan mikser sampai tercampur rata. Kemudian, tuang santan secara bertahap ke dalam adonan, lalu aduk sampai tercampur.

Ayak tepung dan masukkan ke dalam adonan.

Tambahkan tepung ke dalam adonan dengan cara diayak. Campurkan menggunakan spatula dan biarkan selama 30 menit. Panaskan oven selama 15 menit. Siapkan loyang dan olesi permukaannya dengan mentega. 

Selanjutnya, masukkan sebagian adonan ke dalam loyang. Ratakan memenuhi setengah bagian loyang. Panggang hingga setengah matang.

Saat memanggang adonan, jangan lupa tusuk dengan garpu permukaannya agar tidak mengembang atau menggelembung. Setelah setengah matang, angkat. 

Isi dengan selai, lalu panggang hingga matang.

Tuang selai nanas ke dalam loyang yang sudah dipanggang tadi. Tutup dengan sisa adonan yang dimasukkan ke dalam pipping bag. Buat motif kotak kotak atau jaring di atas selai nanas. Kemudian, rapikan dengan garpu.

Setelah itu, panggang dengan api bawah selama 20 menit atau sesuaikan oven masing-masing. Setelah cukup padat, keluarkan sebentar dan olesi kocokan kuning telur di permukaannya. Masukkan ke dalam oven lagi selama 25 menit dengan api bawah atas.

Potong dan sajikan Tay Tat.

Jika sudah matang keluarkan dari loyang. Potong dan sajikan. Berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat Bay Tat agar hasilnya empuk.

Sesuaikan adonannya, jangan terlalu cair atau keras. Sesuaikan takaran tepungnya agar pas.

Supaya empuk, jangan lupa mengatur timer atau waktunya saat memanggang, agar tidak overcook.

Silahkan mencoba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: