Kue Bay Tat Oleh-oleh Wajib Khas Bengkulu, Berikut Resep dan Cara Membuatnya

Kue Bay Tat Oleh-oleh Wajib Khas Bengkulu, Berikut Resep dan Cara Membuatnya

Kue Bay Tat khas Bengkulu.-Foto: Mia Utari/sumeks.co-

BENGKULU, SUMEKS.CO - Provinsi Bengkulu memiliki aneka macam kuliner khas yang lezat dan menggugah selera. Kini semakin banyak pula makanan khas Bengkulu yang dijadikan oleh-oleh dari provinsi yang dikenal dengan Bumi Rafflesia ini. 

Salah satunya Bay Tat. Kue khas Bengkulu yang sekilas mirip dengan kue pie luar negeri. Kue mirip pai diisi dengan selai nanas. Sesuai perkembangannya, pengrajin kue Bay Tat juga telah memodifikasi dengan tambahan toping seperti taburan keju, cokelat dan kismis. 

Sedikit sejarah kue Bay Tat yang telah menjadi ikon kuliner khas Bengkulu, dulunya kue ini termasuk salah satu makanan khas bangsawan. Wajib ada setiap acara besar para bangsawan.

Di zaman dahulu, Bay Tat akan disajikan untuk raja dan keluarganya. Bengkulu sendiri memang dikenal punya beberapa kerajaan, seperti kerajaan Pepinau, Selebar, dan Sungai Serut.

BACA JUGA:Mulai dari Pantai hingga Gunung, Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Bengkulu

Seiring waktu, kue Bay Tat membumi hingga menjadi kue khas berbagai lapisan masyarakat. Kue yang selalu ada di acara sakral seperti pernikahan, syukuran hingga Hari Raya Idul Fitri.  

Nama bay tat sendiri berasal dari bahasa Bengkulu "bay" yang berarti induk dan "tat" serapan dari dari kata tart. Dengan kata lain, Bay Tat adalah kue tart khas warga Bengkulu.

Bay tat dibuat dengan menggunakan campuran tepung gandum, gula pasir, telur ayam, mentega. dan santan kelapa.

Adonan ini kemudian akan dipanggang, sebelum diolesi selai nanas. Setelah dipanggang, bay tat biasanya akan mengeluarkan aroma santan yang khas.

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Bagar Hiu, Masakan Kesukaan Presiden Soekarno Saat Pengasingan di Bengkulu

Tidak heran, kue ini punya tekstur yang lembut namun juga sedikit renyah. Rasa selai nanasnya pun legit, pas di lidah.

Kue khas Bengkulu ini biasanya disajikan sebagai teman untuk minum kopi dan teh. Sebelum disajikan, bay tat perlu dipotong-potong terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan kue Bay Tat kini tidak mesti beli langsung di Bengkulu. Para pengrajin maupun toko oleh-oleh khas Bengkulu kini telah memasarkan kue Bay Tat di marketplace.

Kita bisa mendapatkannya secara online. Tidak perlu khawatir pula dengan pengirimannya yang memakan waktu lama. Kue Bay Tat bisa tahan 3 hingga 5 hari meskipun tidak masuk dalam lemari pendingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: