Aneka Sambal Buah Khas Ogan Ilir yang Wajib Dicoba, Dijamin Bikin Ngiler

Aneka Sambal Buah Khas Ogan Ilir yang Wajib Dicoba, Dijamin Bikin Ngiler

Sambal buah khas Ogan Ilir yang wajib untuk dicicpi.--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Siapa yang tak suka dengan sambal. Rasanya yang pedas, asam, manis, dan asin, tentunya menjadi penggugah selera untuk makan.

Di Kabupaten Ogan Ilir, memiliki ciri khas sambal tersendiri. Karena, beberapa jenis buah bisa dijadikan sambal, pendamping lauk pindang dan nasi hangat.

Lantas, apa saja sambal buah khas Ogan Ilir yang bikin ngiler? SUMEKS.CO berhasil merangkum lima sambal buah yang wajib dicicipi.

1. Sambal Putik Asam Kumbang

BACA JUGA:Cara Buat Kince Duren, Penganan Enak Musiman Bikin Ngiler di Ogan Komering Ilir

Asam Kumbang, adalah buah-buahan sejenis embacang. Buah Asam Kumbang ini, banyak ditemukan di Kecamatan Tanjung Batu.

Saat musim buah Asam Kumbang datang, warga di Kecamatan Tanjung Batu mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, kedapatan mencari putik-putik Asam Kumbang yang jatuh.

Pohon Asam Kumbang memang sangat tinggi, jadi sangat sulit untuk dinaiki. Tinggi pohon Asam Kumbang bisa mencapai 10 meter hingga 12 meter.

Menurut penggemar buah Asam Kumbang, untuk buah yang pas dibikin sambal adalah pada saat menjadi putik. Karena, putik Asam Kumbang memiliki aroma yang begitu menggugah selera. 

BACA JUGA:6 Rumah Makan Pindang Favorit di Ogan Ilir Ini Wajib Dicoba

Untuk membuat sambal Asam Kumbang, beberapa biji putik Asam Kumbang terlebih dahulu ditumbuk sampai halus. Setelah halus, baru dicampur dengan cabe merah halus, serta terasi secukupnya.

Untuk memberikan rasa asin dan manis, Anda bisa menambahkan garam dan gula merah secukupnya sesuai selera. Setelah semua bahan dicampur, sambal Asam Kumbang siap disantap.

2. Sambal Ampelam

Buah Ampelam ini memiliki rasa yang sangat asam. Melihatnya saja, kadang langsung membuat gigi ngilu. Tak sedikit yang apabila melihat buah ini langsung ngiler dibuatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: