6 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

6 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Foto : Pixabay.com--

Beberapa  makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans antara lain makanan cepat saji, gorengan, makanan manis, dan makanan yang dipanggang.

4. Hindari makanan manis

Mengurangi konsumsi makanan manis juga merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami. Hal ini karena konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. 

Kendalikan asupan gula Anda dengan membatasi penggunaan gula tambahan dan memeriksa kandungan gula pada label makanan atau minuman yang anda konsumsi.

BACA JUGA:Dua Satker Kemenkumham Sumsel Raih Penghargaan dari Kanwil perbendaharaan

5. Batasi konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan

Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, mulai dari peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL) hingga penyakit kardiovaskular. Jika ingin menggunakannya, batasi jumlahnya hingga jumlah sedang, sekitar 300 ml per hari.

6. Hentikan kebiasaan merokok secara berlebihan

Merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika anda memiliki kebiasaan merokok yang berlebihan, sebaiknya segera hentikan. Dengan berhenti merokok, tubuh dapat dengan cepat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). 

HDL membersihkan kolesterol jahat dari darah dan mengembalikannya ke hati. Oleh karena itu, berhenti merokok bisa menjadi cara menurunkan kolesterol secara alami.

Itulah 4 cara menurunkan kolesterol secara alami. Ingatlah bahwa cara-cara di atas  efektif bila dilakukan secara konsisten. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksakan kadar kolesterol secara rutin  sesuai anjuran dokter.(*)

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: