6 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

6 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Foto : Pixabay.com--

SUMEKS.CO - Menurunkan kolesterol secara alami mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat sebelum menggunakan obat kolesterol. Cara alami ini tidak hanya tidak memiliki efek samping, tetapi juga lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Kadar kolesterol sebenarnya dapat diturunkan dengan obat kolesterol alami atau resep. Namun, dokter menyarankan untuk mencoba cara alami terlebih dahulu, ketimbang mengonsumsi obat secara langsung. 

Selain terbukti ampuh menurunkan kolesterol secara alami, ternyata juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Pada dasarnya,  menurunkan kolesterol secara alami adalah tentang gaya hidup dan pola makan yang sehat. Berikut  beberapa cara alami menurunkan kolesterol yang bisa anda coba:

1. Makan makanan yang mengandung lemak sehat

Untuk memenuhi kebutuhan lemak anda, sebaiknya makan makanan yang mengandung lemak sehat, seperti telur atau alpukat. Selain itu, dianjurkan untuk mengonsumsi ikan yang kaya asam lemak omega-3, seperti salmon, sarden, dan mackerel. 

BACA JUGA:Panen Raya Guru Besar, UIN Sunan Gunung Jati Raih Rekor Muri

Berbagai jenis makanan ini diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

2. Konsumsi asupan makanan yang berserat

Makan makanan berserat tinggi juga secara alami dapat menurunkan kolesterol. Serat dapat mengikat lemak, sehingga dapat mengurangi penyerapan kolesterol di usus. Dengan cara ini, kolesterol darah menurun. 

Anda dapat mengonsumsi makanan seperti gandum, buah-buahan, kacang-kacangan dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan serat ini.

3. Batasi asupan makanan yang banyak mengandung lemak jahat

BACA JUGA:Universitas Bina Darma Palembang Torehkan Prestasi Raih Penghargaan Terbaik Bidang Inovator dari Gubernur

Hindari konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jahat, yaitu lemak jenuh dan lemak trans. Pasalnya, kedua jenis lemak tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: