Cara Alami Menjinakkan Kolesterol Pasca Lebaran, Simak Tips Berikut Ini

Cara Alami Menjinakkan Kolesterol Pasca Lebaran, Simak Tips Berikut Ini

Menjinakkan Kolesterol Pasca Lebaran dengan Cara Alami--

SUMEKS.CO – Untuk menangani kolesterol pasca Lebaran secara alami, ada beberapa langkah yang bisa diambil. Perbanyak konsumsi serat larut yang dapat ditemukan dalam oatmeal, kacang-kacangan, buah-buahan seperti apel dan pir, serta sayuran seperti brokoli dan wortel. Serat larut ini membantu mengikat kolesterol jahat (LDL) dan membawanya keluar dari tubuh.

Selain itu, konsumsi lemak sehat juga penting. Lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang terdapat pada alpukat, ikan berlemak, kacang-kacangan, dan minyak zaitun dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). 

Namun, penting juga untuk membatasi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans yang dapat ditemukan dalam daging merah, produk susu berlemak tinggi, makanan olahan, makanan gorengan, margarin, dan kue kering karena mereka dapat meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik.

Selain dari aspek diet, olahraga teratur juga sangat penting. Aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL), membakar kalori, dan menjaga kesehatan jantung

BACA JUGA:6 Rekomendasi Bahan Pengganti Santan, Rasanya Tetapi Bikin Gurih Dijamin Lebih Sehat dan Anti Kolesterol

BACA JUGA:Siapa Sangka, Es Timun Serut Bisa Bantu Turunkan Kolesterol dan Darah Tinggi

Serta menjaga berat badan ideal, karena kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi. Pola makan sehat dan olahraga teratur diperlukan untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Selanjutnya, perbanyak konsumsi minuman sehat seperti air putih, teh hijau, atau jus buah segar tanpa gula tambahan, dan batasi konsumsi minuman manis, bersoda, dan alkohol. 

Stres juga merupakan faktor yang dapat meningkatkan kadar kolesterol, oleh karena itu, kelola stres dengan baik melalui teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau mendengarkan musik. 

Dan yang tidak kalah penting adalah untuk menghindari merokok, karena merokok dapat meningkatkan kolesterol jahat dan merusak pembuluh darah.

BACA JUGA:3 Resep Minuman Sehat untuk Penderita Kolesterol, Cocok Diminum saat Buka Puasa

BACA JUGA:Jaga Kadar Gula Darah dan Kolesterol, Ini Tips Sehat Usai Menyantap Hidangan Natal Agar Tetap Aman

Sumber makanan alami dalam bentuk omega-3 juga sangat bermanfaat untuk mengatasi kolesterol. Kandungan asam lemak esensial dapat membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Dilansir dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, omega-3 memiliki dua jenis kandungan utama, yaitu EPA dan DHA. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: