Persiapan Mobil Sebelum Perjalanan Jauh, Berikut Tipsnya

Persiapan Mobil Sebelum Perjalanan Jauh, Berikut Tipsnya

Pengecekan kondisi mobil bisa dilakukan sendiri di rumah.-Foto: Laudy Rinjani/sumeks.co-

Periksa baut kutub aki dan bersihkan kutub aki dari kotoran atau kerak yang menempel. Periksa pula level air aki. Jika kurang tambahkan dengan air aki murni, sangat disarankan kamu tidak menambahkan air aki dengan air zuur (H2S04) demi menjaga kualitas aki mobil.

Bila ada yang tidak beres pada bagian aki, biasanya sudah ditunjukkan dari lampu indikator aki yang menyala pada layar odo meter. 

9. Saringan Udara

Air filter atau saringan udara sebaiknya dibersihkan sebelum menempuh perjalanan jauh. Pemakaian air filter berpatokan pada jarak tempuh yaitu sekitar 10.000 km.

10. Ban

Cek kondisi ban baik itu secara fisik dan tekanan ban. Tekanan ban mobil normalnya sekitar 30-34 psi.

11. Wipper

Ini sangat berguna sekali bila berkendara di musim hujan. Pastikan wipper kaca mobil dapat berfungsi dengan normal. 

Biasanya yang wajib diganti adalah karet wipper. Bila dirasa saat wipper bekerja tapi air pada kaca tidak mengering, sudah saatnya diganti.

Cara penggantiannya cukup gampang. Tinggal beli part nya di toko variasi, bisa dipasang sendiri. 

12. Performa Mesin

Bagian ini sangat penting untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara mobil. Apalagi untuk jarak jauh dan juga kemungkinan melalui medan jalan yang beragam.

Gejalah performa mesin tidak normal seperti tarikan mobil berat, bergetar, tersendat atau menggelitik.

Penyebabnya bisa karena busi yang sudah tidak normal, ruang pembakaran kotor, hingga kerusakan pada bagian perut mesin atau jalur pengapian.

Untuk memulihkan performa mesin ada baiknya ditangani bengkel spesialis mesin. Bisa dilakukan dengan cara tune up, atau gurah mesin yang kini sedang menjadi trend pembersihan ruang pembakaran pada mesin mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: