Persiapan Mobil Sebelum Perjalanan Jauh, Berikut Tipsnya

Persiapan Mobil Sebelum Perjalanan Jauh, Berikut Tipsnya

Pengecekan kondisi mobil bisa dilakukan sendiri di rumah.-Foto: Laudy Rinjani/sumeks.co-

SUMEKS.CO - Ada rencana perjalanan jauh membawa mobil pribadi? Atau mau liburan mengendarai mobil? Penting untuk mempersiapkan kendaraan agar tetap prima, aman dan nyaman selama perjalanan.

Mengecek kondisi mobil memang dianjurkan dibawa kepada ahlinya atau bengkel. Namun tidak salahnya bisa juga kita melakukannya sendiri di rumah.

Berikut ini tips dirangkum SUMEKS.CO dari berbagai sumber untuk mempersiapkan mobil sebelum menempuh perjalanan jauh.

1. Kelistrikan

Selama mengendarai mobil di aktivitas keseharian, tentunya kita bisa merasakan dan melihat kondisi mobil terkini. Salah satunya sistem kelistrikan. Bagian ini langkah pertama yang harus kita cek. Pastikan semua fitur interior dan eksterior berfungsi dengan benar.

Pada bagian interior, seperti klakson, indikator odo meter, lampu kabin hingga head unit sound system.

Bila menemukan salah satu fungsinya bermasalah, segeralah bawa ke bengkel. Untuk bagian ini jangan salah pilih bengkel. Pastikan bengkel spesialis kelistrikan.

Seperti bila klakson tidak menyala, bawa ke bengkel variasi atau bengkel dinamo yang paham jalur sistem kelistrikan mobil.

Kalau ada lampu indikator menyala seperti check engine, ada kemungkinan permasalahan pada mesin. Bila lampu indikator aki menyala, ada kemungkinan aki yang bermasalah atau soak. Hingga bisa jadi dinamo cas yang bermasalah.

BACA JUGA:Mulai dari Pantai hingga Gunung, Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Bengkulu

Pengecekan secara menyeluruh bisa dilakukan sendiri. Untuk penanganannya, dianjurkan untuk ke bengkel.

Pengecekan selanjutnya di eksterior. Seperti fungsi lampu / headlamp, lampu sein, lampu rem hingga lampu kabut (kalau ada). Perbaikannya bila sekadar putus bagian bohlamp, bisa gantikan sendiri. Agar lebih meyakinkan, dianjurkan pula ke bengkel variasi.

2. Oli Mesin

Bagian ini merupakan perawatan rutin pada kendaraan. Sudah bisa diprediksi kualitas oli sesuai jarak tempuh kendaraan atau berapa panjang perjalanan yang akan ditempuh. Niasanya pergantian oli sesuai dengan merek dan jenisnya berkisar 5.000 hingga 10.000 kilometer per masa. Wajib diganti sesuai jadwal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: