Gencarkan Sosialisasi Pendaftaran Online, RSMH Palembang Klaim tak Ada Pungli

Gencarkan Sosialisasi Pendaftaran Online, RSMH Palembang Klaim tak Ada Pungli

Plt Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSMH Palembang Dr Marta Hendry Sp.U (K) MARS.-foto:fadly-

SUMEKS, CO -  PALEMBANG - Soal ribetnya sistem pendaftaran online dan dugaan adanya pungli di RSMH Palembang, bikin Plt Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSMH Palembang Dr Marta Hendry Sp.U (K) MARS angkat suara.

''Kita ada aplikasi daftarinaja, khusus bagi pasien rawat jalan. Sejauh ini sejak diluncurkan Julu lalu, semua berjalan baik,'' tukas Dr Martha kepada media Jumat (12/08/2022).

Sebaliknya, lanjut dia, aplikasi ini justru mencegah terjadi praktek pungli untuk pasien yang hendak mendaftar rawat jalan di RSMH Palembang.

Saat diluncurkan 20 Juli 2022 silam, RSMH Palembang gencar mensosialisasikan sistem ini. Baik baik secara internal dan eksternal, yang mana sistem internal mengerahkan seluruh petugas RSMH Palembang.

"Setiap dokter hingga perawat selalu memberitahukan kepada pasien yang berobat untuk menggunakan aplikasi daftarinaja, serta memberikan penjelasan pada selebaran yang kami buat," kata Dr Marta Hendri saat gelar rilis, Jumat (12/8).

Secara eksternal, lanjutnya disosialisasikan juga melalui sosial media, serta sosialisasi  dengan pemerintah seperti kepada Gubernur, DPRD, Walikota, hingga pihak kecamatan dan seluruh Rumah Sakit di Provinsi Sumsel.

"Kita juga mensosialisasikan pendaftaran online  melalui zoom meeting kepada masyarakat.  Disitu akan dijelaskan cara serta tahapan-tahapan pendaftaran online pasien yang hendak berobat melalui aplikasi daftarinaja," ungkapnya.

Namun, diakuinya karena program daftarinaja ini masih tergolong baru. Pastinya terdapat kekurangan diantaranya untuk pasien baru yang belum terdaftar di RSMH Palembang, sehingga harus didaftarkan secara manual terlebih dahulu.

"Target kita akhir tahun ini, sistem tersebut dapat sempurna seluruhnya, sehingga memudahkan proses pendaftaran online pasien rawat jalan nantinya," katanya.

Terhadap adanya dugaan pungli, Martha memastikan tidak ada hal seperti itu. ''Tidak ada oknum-oknum yang ingin bermain curang, karena para petugas yang rata-rata karyawan RSMH setiap harinya ada kredit poin tersendiri, yang susah menurutnya susah untuk melakukan pungli.''

Namun dia, tetap mengimbau kepada masyarakat, jika memang oknum yang nakal dan mengambil kesempatan saat pendaftaran online, laporkan saja ke pengaduan 0711 354088 Ext 109 atau WA 0822 820 30000. ''Bisa juga direct message ke akun sosmed IG dan FB RSMH Palembang,'' tutup Martha. (Fdl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: