Rayakan Harganas ke-31, DPPKB Muara Enim Dorong Peran Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas

Rayakan Harganas ke-31, DPPKB Muara Enim Dorong Peran Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas

HARGANAS : Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Muara Enim, menggelar Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ke 31. Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas.--

Beberapa di antaranya termasuk Juara 1 PIK R Belia Cemerlang SMP Negeri 1 Muara Enim, Juara II PIK R MANSeiku dari MAN Muara Enim, serta Juara III Kampung KB Desa Tanjung Jati.

Selain itu, kelompok-kelompok lain juga berhasil meraih prestasi, seperti Kelompok UPPKA Desa Tanjung Jati yang meraih Juara Harapan I, Kelompok UPPKA Desa Tanjung Raja yang memenangkan Juara Harapan II, serta Harapan II BKB Sedap Malam dari Kelurahan Air Lintang dan Harapan III untuk Kelompok BKB Kelurahan Pasar II, yang dikenal dengan Kelompok Sayang Ibu.

BACA JUGA:Langkah Proaktif Lapas Narkotika Muara Beliti, Skrining Massal TBC dan HIV-AIDS untuk 1000 WBP

BACA JUGA:Sekretaris Daerah Banyuasin Serahkan SK Pelaksana Tugas Kepala Dinas Dukcapil dan Satpol PP

Acara perlombaan ini melibatkan seluruh Balai Penyuluh KB dari 22 kecamatan di Kabupaten Muara Enim, menjadikannya salah satu kegiatan yang sangat kompetitif. Koordinator PKB Kecamatan Muara Enim, Fadillah, S.H., mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian tersebut.

Ia menegaskan bahwa kemenangan ini adalah hasil kerja keras seluruh PKB dan kader-kader Poktan yang mendapat dukungan penuh dari pemerintah desa dan kecamatan.

“Kami merasa bersyukur dapat menjadi juara umum dalam peringatan puncak Harganas ini. Ini semua berkat kerja keras PKB dan kader-kader serta dukungan dari pemerintah desa dan kecamatan. Saya juga sangat bangga dengan Pemdes Tanjung Jati yang menjadi pemenang lomba Kampung KB Percontohan yang didukung oleh Kades Tanjung Jati, Isnaini, dan Ketua Pokja, Erlison, S.Kom.,” ungkap Fadillah.

Acara Harganas tahun ini tidak hanya diisi dengan berbagai perlombaan, tetapi juga dilengkapi dengan tausiyah dari Ustad Ali Mursy yang membawakan tema tentang kebahagiaan keluarga atau yang dikenal dengan konsep SAMAWA (Sakinah, Mawaddah, Warahmah).

BACA JUGA:Permasalahan Lahan di Desa Sungai Sodong dan Pagar Dewa OKI Dimediasi Polres dan Pemkab

BACA JUGA:KAI Divre III Terapkan Solar Panel di Gedung Kantor dan Stasiun, Langkah Nyata Kurangi Emisi Karbon

Tausiyah ini memberikan penguatan kepada para peserta tentang pentingnya menjaga keharmonisan dan kebahagiaan dalam keluarga.

Dengan adanya peringatan Hari Keluarga Nasional ini, diharapkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya peran keluarga semakin meningkat.

Keluarga yang kuat dan berkualitas diyakini akan menjadi kunci dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, di mana masyarakat hidup dalam kesejahteraan dan harmonisasi sosial yang lebih baik.

Peringatan Harganas ke-31 di Kabupaten Muara Enim menjadi ajang yang penuh makna, tidak hanya sebagai selebrasi, tetapi juga sebagai pengingat bagi semua pihak tentang betapa pentingnya peran keluarga dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: