PJ Bupati Banyuasin Tinjau Progres Dermaga Baru, Siap Tingkatkan Konektivitas dan Ekonomi Warga

PJ Bupati Banyuasin Tinjau Progres Dermaga Baru, Siap Tingkatkan Konektivitas dan Ekonomi Warga

PJ Bupati Banyuasin, M. Farid, meninjau progres pembangunan Dermaga Sri Menanti yang akan menghubungkan Tanjung Lago dan Sumber Marga Telang, diharapkan memudahkan transportasi air dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.--

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuasin, Mulyanto, yang turut mendampingi PJ Bupati dalam peninjauan ini, menuturkan bahwa pembangunan dermaga ini ditargetkan selesai pada akhir tahun 2024, dengan operasional penuh pada awal tahun 2025.

Mulyanto menjelaskan bahwa saat ini pembangunan sarana dan prasarana dermaga hampir rampung, dan Pemkab Banyuasin terus berkomitmen untuk mempercepat proses penyelesaiannya.

BACA JUGA:Klaim Saldo DANA Gratis Hari Ini, Anti Ribet Cair Tanpa Aplikasi Penghasil Uang Apapun

BACA JUGA:Jajaran Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Mengikuti Sosialisasi dan Glorifikasi SPI KPK Secara Virtual

"Untuk sarana dan prasarana dermaga, kami targetkan pada tahun ini selesai. Sementara itu, fasilitas penunjang lainnya seperti akses jalan menuju dermaga juga akan segera dikembangkan oleh Pemkab Banyuasin," ujarnya didampingi oleh Kabid Lalu Lintas Angkutan Sungai dan Penyeberangan, Soyus.

Mulyanto menambahkan, setelah pembangunan rampung, kapal Roro akan segera beroperasi menggantikan kapal tongkang yang selama ini digunakan warga untuk menyebrang.

Kapal Roro ini diharapkan mampu mengangkut kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor, sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin bepergian antar kecamatan.

"Saat dermaga selesai dan kapal Roro berfungsi, warga tak perlu lagi menggunakan tongkang, tapi bisa memanfaatkan kapal Roro yang lebih aman dan nyaman untuk menyebrangkan kendaraan," terang Mulyanto.

BACA JUGA:PT KAI Divre III Palembang Raih Rekor MURI, Pemasangan 264 Bendera Merah Putih di 33 Gerbong Kereta Batubara

BACA JUGA:Hp iQOO Z9 Jadi Idola Baru di Indonesia, Harga Murah Desain Elegan, Berikut Spesifikasi Lengkapnya

Pembangunan dermaga ini juga mendapat perhatian khusus dari PJ Bupati Banyuasin, yang berkomitmen untuk memastikan proyek ini berjalan lancar.

“Komitmen PJ Bupati sangat penting dalam mendukung kelancaran pembangunan dermaga ini,” kata Mulyanto, sembari menyampaikan apresiasi atas dukungan penuh dari pemerintah daerah terhadap pembangunan infrastruktur transportasi.

Meski demikian, pembangunan dermaga dan pengoperasian kapal Roro sempat mengalami kendala terkait ketersediaan armada.

Kapal Roro yang seharusnya standby di Banyuasin, sempat dipindahkan untuk operasional di Bangka Belitung, tepatnya di pelabuhan Tanjung Ro - Tanjung Nyato, menyusul surat keputusan dari Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan SK Kemenhub No KP-DRJD 9496 Tahun 2022.

BACA JUGA:DWP Kota Palembang Sosialisasikan Gerakan Anti Bullying dan Anti Narkoba ke Sekolah-sekolah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: