DPMD Kabupaten Lahat Adakan Lomba Desa Tingkat Kabupaten, Ini Syarat Agar Bisa Juara

DPMD Kabupaten Lahat Adakan Lomba Desa Tingkat Kabupaten, Ini Syarat Agar Bisa Juara

Kepala DPMD Lahat, Darul Effendi SE Msi.--

DPMD Kabupaten Lahat Adakan Lomba Desa Tingkat Kabupaten, Ini Syarat Agar Bisa Juara

LAHAT, SUMEKSCO - Lomba desa tingkat kabupaten diikuti oleh 24 desa yang berada di 24 kecamatan, Kabupaten Lahat. Acara ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).

Lomba desa tingkat kabupaten akan diselenggarakan pada tanggal 4 Mei 2023 di desa Pagar Gunung, kecamatan Peseksu, Desa Pagar Jati, Kecamatan Kikim Selatan dan desa desa lainya. 

"Betul, pada tahun anggaran (TA) 2023 ini, lomba desa tingkat kabupaten dimulai lagi, yang mana, para pemerintah desa (Pemdes) harus memenuhi persyaratan apabila ingin keluar sebagai juara," kata Kepala DPMD Lahat, Darul Effendi SE Msi, Rabu 3 Mei 2023.

Adapun indikator penilaian meliputi, sektoral pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga, kemasyarakatan, administrasi, pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

BACA JUGA:Mau Beli Aksesoris Wanita? 5 Gelang Berikut Bisa Jadi Referensi

"Tujuan diselenggarakannya Perlombaan Desa dan Kelurahan adalah untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan terhadap Desa dan Kelurahan," ujarnya.

Lomba desa ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 13/2007 Tentang Penyelenggaraan Perlombaan Desa dan Kelurahan.

Sehingga seluruh Pemdes memang harus berkolaborasi dengan lembaga pemerintahan lainnya, sehingga menyiapkan segala sesuatunya.

Darul Effendi menjelaskan, tinggal bagaimana kesiapan dari masing-masing desa, untuk memenuhi permintaan sesuai dengan kriteria diatas.

BACA JUGA:MasyaAllah….Pak Ndul Tiba-tiba Serius Menanggapi Pertanyaan Soal Mazhab Ponpes Al Zaytun, Malu Saya Mas…Malu!

"Tentunya, ini sangat penting sekali, demi kemaslahatan serta kemajuan desa, serta keseriusan mereka menjadi terbaik sekaligus mewakili Kabupaten Lahat ditingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)," ucapnya.

Ia berharap, kepada tim juri ketika melakukan pemberian nilai, dilakukan secara objektifitas sesuai kondisi di lapangan.

"Kita disini menjadi desa yang memang memenuhi kategori seperti disebutkan diatas, sehingga kedepannya dapat berkembang dan besar," tandas Darul Effendi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: