Pengerjaan Dikebut, Jalan Tol IKN Siap Beroperasi Akhir 2025

Pengerjaan Dikebut, Jalan Tol IKN Siap Beroperasi Akhir 2025

Meskipun dikebut pengerjaannya Jalan Tol di IKN berfungsi akhir 2025 Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

Sementara PT Hutama Karya (Persero) menyatakan kesiapannya untuk mengelola tiga ruas Jalan Tol IKN.

Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero) Koentjoro memastikan hal itu. 

"Kami siap menjadi pengelola. Memang sudah ada permintaan dari Pemerintah. Selain itu ini kan tol pertama di ibu kota baru ya, akan jadi sejarah," tutur Koentjoro.

BACA JUGA:Ingin Menjelajahi IKN? Berikut Situs dan Cara yang Perlu Diketahui!

BACA JUGA:Dibuka Resmi untuk Umum, Ini Kata Turis Asal Jerman saat Kunjungi IKN

Sebelumnya, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra Saleh Atmawidjaja mengatakan, Jalan Tol IKN akan dilelang pengelolaannya pada pertengahan tahun 2025. 

Setelah konstruksi rampung, pelaksana konstruksi masih harus bertanggung jawab atas pemeliharaan infrastruktur selama enam bulan. 

"Kalau selesai konstruksi itu primary hand over (PHO), artinya sudah selesai. Kemudian ada masa pemeliharaan enam bulan," jelas Endra pada beberapa waktu lalu.

Sementara itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan, Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) Seksi 6B dan Akses  Tol Seksi 6C rampung Juni 2025.

BACA JUGA:Akhirnya IKN Dibuka untuk Umum Hari Ini, Warga Membludak

BACA JUGA:Siap ke IKN, PNS Berkeluarga Berkesempatan Dapat 1 Unit Hunian Lengkap dengan Fasilitas Unggulan

Jalan Tol IKN Seksi 6B Outer Ring Road – Sp. ITCHI, dan Akses Tol IKN Seksi 6C Sp. ITCHI – Simpang 1B Sumbu Kebangsaan Sisi Timur Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP)

Masih kata Basuki, saat ini progress pembangunannya sudah bagus dan rapi. Dia juga mengimbau percepatan pelaksanaan pembangunan agar dapat segera dimanfaatkan atau difungsikan. 

“Sudah bagus dan rapi. Target selesai Juni 2025,” kata Menteri Basuki dikutip dari laman PUPR.

Sementara itu, Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga juga mengimbau supaya Jalan Tol IKN Seksi 6B – 6C juga dilakukan penghijauan untuk pengendalian erosi lahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: