Presiden Jokowi Siap Berkantor di IKN Menjelang Akhir Masa Jabatannya

Presiden Jokowi Siap Berkantor di IKN Menjelang Akhir Masa Jabatannya

Benarkah lusa Presiden Jokowi mulai berkantor di IKN. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

"Ini besok mulai kita cek (runway Bandara IKN), jadi Minggu 25 Agustus kita cek, itu 1.100 meter sudah selesai diaspal. Jadi, mungkin kalau 2.200 meter targetnya, hitungan ya, kalau enggak ada hujan itu 2.200 meternya di 2 September selesai," bebernya. 

Disampaikan Basuki, jadi di September nanti mudah-mudahan runway selesai. Lalu dua hari masang lampu-lampu semua sehingga bisa dimanfaatkan pada minggu pertama di September 2024.

BACA JUGA:Perkuat Infrastruktur IKN, PUPR Genjot Kompetensi SDM Konstruksi dengan Sertifikasi Onsite

BACA JUGA:Unesa Siapkan Kampus Baru di IKN, Sambut Mahasiswa Baru dengan Fasilitas Modern

Untuk diketahui, Istana Negara IKN yang terletak di Ibu Kota Nusantara, yang akan berfungsi sebagai kantor Presiden Republik Indonesia. 

Istana Negara IKN yang memiliki luas sebesar 56.000 meter persegi dengan 3 lantai setinggi 40 meter ini dibangun dengan menggunakan Teknologi Building Information Modelling (BIM).

Teknologi ini bertujuan untuk memaksimalkan efisiensi dan ketepatan waktu. Pembangunan gedung ini juga mengusung konsep Garuda sebagai desain bangunan, serta menerapkan konsep Green Building untuk mewujudkan Istana Negara yang ramah lingkungan.

Pilihan bentuk Garuda untuk Istana negara di IKN sebagai representasi bangunan yang dianggap mampu merangkul keberagaman suku di Indonesia tanpa menimbulkan kecemburuan antardaerah. 

BACA JUGA:Unesa Siapkan Kampus Baru di IKN, Sambut Mahasiswa Baru dengan Fasilitas Modern

BACA JUGA:Kesempatan Emas! IKN Buka Penerimaan CPNS 2024, Ini Dia Formasi dan Syaratnya

Dimana makna dari desain Istana ini yang nampak memeluk, mengandung filosofi untuk melindungi bangsa Indonesia. 

Burung Garuda menjadi desain karena kaitannya yang sangat erat dengan Indonesia dengan berbagai perbedaan, segala silang pandang, segala keragaman adat istiadat dan perilaku, dan perbedaan kepercayaan dan agama. 

Garuda merupakan simbol persatuan. Apalagi garuda juga menjadi bagian dari lambang negara, Bhineka Tunggal Ika.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: