Selain Berkhasiat, Ikan Betutu Juga Terdapat Fakta Menarik hingga Cara Memancingnya

Selain Berkhasiat, Ikan Betutu Juga Terdapat Fakta Menarik hingga Cara Memancingnya

Selain Berkhasiat, Ikan Betutu Juga Terdapat Fakta Menarik Hingga Cara Memancingny--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Ada banyak ikan air tawar yang hidup dan mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita, salah satunya yakni ikan betutu.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu 25 Agustus 2024 Ikan dengan nama latin Oxyeleotris marmorata ini, merupakan jenis ikan yang hidup dan banyak ditemui di sungai air tawar yang tidak terlalu deras arusnya.

Banyak sebutan ikan betutu ini, yakni sering disebut dengan ikan malas, bahkan di berbagai daerah di indonesia ikan ini juga mempunyai nama panggilan yang berbeda-beda. 

Ada yang menyebutnya ikan Bodo, Bakutut, Bakut, Boso, Beloso, Gabus Bodo dan Boboso.

BACA JUGA:Abon Ikan Betutu Khas Ogan Ilir, Ini Segudang Manfaat yang Harus Kamu Ketahui

BACA JUGA:WAJIB TAHU, Ternyata Begini Tips Memancing Ikan di Sungai Arus Deras Dijamin Moncer

Ikan ini sendiri mempunyai ukuran tubuh yang tidak begitu besar, tubuhnya kecil namun bagian kepalanya lebih besar, mempunyai panjang tubuh umumnya sekitar 20-40 cm, namun bisa juga mempunyai panjang maksimal hingga 65 cm.

Ikan ini mempunyai ciri warna dan pola atau bercak pada tubuhnya, yakni berwarna pudar kecoklatan, ada juga yang berwarna merah bata dan hitam dan mempunyai pola atau bercak gelap simetris.

Ikan ini juga memiliki ciri yang unik pada bagian ekornya yakni, dengan bercak bulat dan gelap pada bagian pangkal ekornya.

Meski tak sepopuler kembarannya ikan gabus, tapi Ikan betutu juga menjadi salah satu ikan favorit yang sangat enak untuk dikonsumsi serta memilik berbagai khasiat bagi tubuh kita.

BACA JUGA:Saat Memancing Ikan dan Mandi di Sungai Ogan, 2 Bocah Tenggelam, Innalillahi

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Prioritaskan Pembangunan Lapas Pagaralam, Solusi Jitu Atasi Over Kapasitas

Ikan ini juga banyak dicari dan diburu oleh orang orang, berikut beberapa fakta menarik dari ikan betutu ini yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

1. Meski sering disebut kembaran ikan gabus, karena bentuknya yang mirip, namin fakta menarik yang perlu kita ketahui adalah ikan betutu berbanding terbalik dengan ikan gabus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: