Teka-Teki Apakah Ikan Tidur Dengan Mata Tertutup Seperti Manusia Atau Terbuka, Ini Jawabannya

Teka-Teki Apakah Ikan Tidur Dengan Mata Tertutup Seperti Manusia Atau Terbuka, Ini Jawabannya

Teka-Teki Apakah Ikan Tidur Dengan Mata Tertutup Seperti Manusia Atau Terbuka, Ini Jawabannya--

SUMEKS.CO - Salah satu ciri persamaan yang paling lumrah antara manusia dengan hewan adalah tentang cara tidurnya, namun yang masih menjadi teka-teki hingga saat ini adalah bagaimana cara ikan untuk tidur?

Sebagaimana diketahui, dan sering diperhatikan hampir sebagian besar hewan yang hidup di air seperti ikan terlihat tidak pernah menutup mata sebab umumnya ikan tidak memiliki kelopak mata terkecuali ikan hiu yang memiliki kelopak mata.

Pertanyaan yang sering terlintas adalah bagaimana mata dari ikan selalu terbuka, serta bagaimana cara ikan tidur jika mata tidak bisa tertutup?

Simak artikel berikut ini, cara ikan tidur meski dengan mata terbuka yang dirangkum dari berbagai sumber informasi Selasa 10 September 2024.

BACA JUGA:Inilah 7 Fakta Unik Nurhali Sosok ASN Guru Terkaya Indonesia Punya Harta Triliunan, Begini Nasibnya Sekarang

BACA JUGA:Menarik! Intip 5 Fakta Unik Seputar Cap Go Meh Sebagai Penutupan Rangkaian Perayaan Tahun Baru Imlek

Saat melihat ikan didalam akuarium, yang terlihat pertama kali tentunya ikan selalu bergerak kesana kemari tanpa henti.

Namun, jika diteliti dan diperhatikan lebih lanjut ternyata ikan sering berhenti sesaat dan diam sejenak.

Dan ternyata saat posisi ikan berhenti sesaat atau diam sejenak, menurut penelitian merupakan saat ikan beristirahat atau tertidur meskipun nampak dalam posisi mata terbuka.


--

Perbedaan dengan manusia, umumnya akan beristirahat sejenak pada waktu siang hari dan terlelap tidur pada malam hari.

Namun, berbeda dengan ikan yang ternyata bisa tidur setiap saat dan kapan saja. Bahkan beberapa jenis ikan tertentu juga dapat tertidur dengan cara tidur mirip manusia.

Misalnya, ikan yang hidup di dekat terumbu karang mungkin tetap aktif sepanjang hari dan kemudian bersembunyi di celah-celah terumbu pada malam hari untuk istirahat dan menghindari predator.

Dari beberapa penelitian, ikan bisa bangun tidur kapan pun, karena kebanyakan ikan harus terus bergerak bahkan ketika sedang tidur, agar aliran air tetap mengalir melewati insangnya untuk menjaga tingkat oksigen yang tepat dalam tubuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: