Pj Gubernur Elen Setiadi Ungkap Jurus Jitu Kembangkan Ekonomi dan Atasi Kemiskinan

Pj Gubernur Elen Setiadi Ungkap Jurus Jitu Kembangkan Ekonomi dan Atasi Kemiskinan

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi, SH. M.S.E berkesempatan menjadi narasumber dalam acara Talkshow "Kepala Daerah Menjawab" dengan topik "Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Serta Pariwisata Sumatera Selatan" yang diselenggarakan--

"Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa Sumsel ini pengekspor karet terbesar di dunia. Kemudian ada sawit dan juga perkebunan seperti kopi," tambahnya. 

Meski produksi kopinya namun sejauh ini klaimnya justru didapatkan daerah lain. Hal inilah yang coba dibenahi Pemprov Sumsel, agar produk Kopi Sumsel dapat segera memiliki brand nya sendiri. 

BACA JUGA:Pj Gubernur Elen Setiadi Harapkan Komisi Informasi Berkontribusi Bangun Keterbukaan Informasi Publik

BACA JUGA:Karhutla di Kabupaten Ogan Ilir, 87 Hektare Lebih Lahan Sudah Terbakar, Pekan Pertama Agustus Capai 41 Kali

"Kita ingin kejar, bagaimana dari produksi sejak pemetikan, pasca panen sampai punya merk sendiri sehingga hilirisasi kopi inj nanti nilai tambahnya bisa sampai dua puluh kali lipat. Ini yang ingin kita capai," jelasnya. 

Untuk mencapai target tersebut, Pemprov berkomitmen melakukan pembinaan kepada petani-petani kopi. Sehingga mereka punya taste tersendiri, pengolahan sendiri, hingga merek sendiri. 

"Paling tidak orang tahu itu Kopi Sumsel," jelasnya. 

Selain membahas perekonomian, pada segmen berikutnya Elen juga membeberkan upaya-upaya Pemprov dalam mengentaskan angka kemiskinan. 

BACA JUGA:Akun Lazada Dibobol Orang Tak Dikenal, Pria di Palembang Merugi Belasan Juta Lapor Polisi

BACA JUGA:Barcelona Keluarkan 1 Triliun Untuk Dapatkan Dani Olmo, Real Madrid yang Kaya Raya Malah Gratis Dapat Mbappe

Elen mengatakan sejak empat tahun terakhir, angka kemiskinan di Sumsel terus menurun meskipun angkanya masih di atas rata-rata nasional.

Sumsel menurutnya justru berhasil menurunkan tingkat kemiskinan Extrem secara signifikan dibawah nasional. 

Karena itu untuk jangka panjangnya, Elen mengatakan Pemprov Sumsel sudah menyiapkan langkah-langkah menurunkan angka kemiskinan di Sumsel. 

"Yang pertama adalah memberikan hak pada masyarakat untuk bertahan hidup, makan dan lain sebagainya. Karena itu program untuk meringankan kebutuhan hidup pokok itu menjadi penting bagi kita untuk diperhatikan," jelas Elen. 

BACA JUGA:Ada Peringatan Cuaca Ekstrem di Tujuh Provinsi pada 07 Agustus 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: