Unsri Gelar Wisuda ke-3 di Tahun 2024, Ada 1.335 Mahasiswa Jadi Wisudawan Baru, 60 Persen Berpredikat Cumlaude

Unsri Gelar Wisuda ke-3 di Tahun 2024, Ada 1.335 Mahasiswa Jadi Wisudawan Baru, 60 Persen Berpredikat Cumlaude

Rektor Unsri, Prof Taufiq Marwa, memindahkan kuncir salah satu wisudawan Unsri di Auditorium Unsri Kampus Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Kamis, 20 Juni 2024.--

Menurut Prof Tjitjik, ini juga terjadi di beberapa waktu yang lalu pada saat Unair. Jadi, itu bukan sesuatu yang menurutnya sebagai kendala internal Unsri, tetapi lebih pada lingkungan makro atau regulasi kebijakan yang ada. 

"Sekarang saya yakin mudah-mudahan tidak membuat was-was yang biasanya semangat menjadi drop, jangan seperti itu, karena justru tantangan menjadi PTNBH baru dimulai dari saat ini. Karena inilah the real PTNBH yang harus bapak ibu hadapi," imbaunya. 

Lebih jauh, Prof Tjitjik menjelaskan, empat aspek transisi yang perlu disiapkan oleh Unsri untuk bertransformasi menjadi PTNBH.

Pertama, yaitu organ Unsri yang terdiri dari Senat Akademik (SA) dan Majelis Wali Amanah (MWA) yang menurutnya harus segera dibentuk. Kedua, Satker Unsri PTNBH, selanjutnya yang ketiga yaitu tata kelola yaitu Peraturan MWA, SA, dan Rektor. Kemudian yang keempat SDM PTNBH. 

Sebelumnya, Unsri juga telah melakukan pengukuhan guru besar. Menurut Rektor Unsri, Prof Taufiq Marwa, hingga Desember 2023 ini, Unsri telah memiliki 111 guru besar atau profesor.

BACA JUGA:Ini Reaksi Akademisi Soal Status ASN Dosen Tetap Terpidana Reza Ghasarma, L2Dikti Harus Gugat Unsri!

BACA JUGA:Usai Bebas Bersyarat Reza Ghasarma Masih Berstatus Dosen Tetap Unsri, Korban: Preseden Buruk Dunia Pendidikan

"Kemungkinan besar guru besar yang dimiliki Unsri akan bertambah lagi di awal tahun 2024 mendatang," ungkapnya. 

Ditambahkan Taufiq, saat ini sedikitnya ada lima calon guru besar Unsri yang tengah mempersiapkan berkas untuk dikukuhkan menjadi guru besar. 

"Akan tetapi masih harus menyesuaikan dengan aturan yang ada terlebih dulu, mudah-mudahan awal tahun 2024 mendatang mereka sudah bisa dikukuhkan," ujarnya.

Sebagian besar guru besar yang dikukuhkan Unsri pada tahun 2023 ini berasal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pendidikan Alam (MIPA). 

"Mudah-mudahan, dengan bertambahnya guru besar ini akan memberikan motivasi kepada dosen-dosen lainnya untuk berkembang," harapnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: