Dari Lapas Menjadi Seniman, Karya Warga Binaan Dipamerkan di Taman Dealova Pangkalpinang

Dari Lapas Menjadi Seniman, Karya Warga Binaan Dipamerkan di Taman Dealova Pangkalpinang

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung pamerkan hasil karya warga binaan pada Festival Pemasyarakatan yang digelar di Taman Dealova Pangkalpinang, Minggu 28 April 2024.--

PANGKALPINANG, SUMEKS.CO - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung pamerkan hasil karya warga binaan pada Festival Pemasyarakatan yang digelar di Taman Dealova Pangkalpinang, Minggu 28 April 2024.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kunrat Kasmiri memang menyebutkan bahwa hasil karya warga binaan yang dipamerkan dalam berbagai acara termasuk kerajinan tangan seperti miniatur, gantungan kunci, tas, lampu hias, batik tulis, rajutan tas, kotak tisu, dan kopiah.

Karya-karya ini merupakan hasil dari pembinaan keterampilan yang diberikan kepada warga binaan di Lapas. Pembinaan ini bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan bagi mereka agar dapat hidup mandiri setelah bebas nanti.

Pameran hasil karya warga binaan ini juga menjadi salah satu upaya untuk memasarkan produk mereka kepada masyarakat luas. Hal ini diharapkan dapat membantu mereka dalam mendapatkan penghasilan dan meningkatkan taraf hidup mereka.

BACA JUGA:Tanggapi Keluhan Warga Kalidoni, Ratu Dewa Turunkan 15 Petugas Perbaiki 430 Lampu Jalan

BACA JUGA:Harga Terbaru Realme C35 Smartphone yang Dibekali Sertifikasi TÜV Rheinland Serta Spesifikasi Mumpuni

Selain kerajinan tangan, hasil karya warga binaan yang dipamerkan juga termasuk makanan dan minuman seperti sari jahe, sari jeruk kunci madu, kopi destar, roti lanang, dan makanan ringan kericu.

Pameran hasil karya warga binaan ini biasanya diadakan di berbagai tempat, seperti di Taman Dealova Pangkalpinang, Lapas I Madiun, dan lain sebagainya.

Antusiasme masyarakat terhadap pameran ini cukup tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat mulai menerima dan menghargai karya-karya warga binaan.

Kunrat menuturkan, Festival dimeriahkan dengan adanya senam sehat bersama, serta penampilan tari Zapin Melayu yang dibawakan oleh warga Binaan Lapas Perempuan Pangkalpinang.

BACA JUGA:Realme C35 Smartphone dengan Desain Keren dan Premium, Dilengkapi Kamera Utama 50 MPBACA JUGA:Keutamaan Do’a Rabithah, Bisa Lembutkan Hati dan Obat Saat Rindu dengan Seseorang, Pas Banget Buat yang LDR-an

Lalu ada juga penampilan Band dari Lapas Narkotika Pangkalpinang yang membawakan 5 lagu dan berkesempatan berduet dengan Kadivpas menyanyikan lagu Iwan Fals yang berjudul Bento dan Bongkar.

Sedangkan anak binaan dari LPKA juga tampil meriah dengan membawakan lagu Radja (Cinderella) dan ⁠Dewa 19 (Dua Sejoli).

Kunrat menuturkan, Festival dimeriahkan dengan adanya senam sehat bersama, serta penampilan tari Zapin Melayu yang dibawakan oleh warga Binaan Lapas Perempuan Pangkalpinang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: