Idulfitri Makin Ceria, Sejarah dan Makna Salam Tempel untuk Anak

Idulfitri Makin Ceria, Sejarah dan Makna Salam Tempel untuk Anak

Sejarah dan Makna Salam Tempel untuk Anak.--

Rupanya, salam tempel atau angpau merupakan salah satu tradisi lebaran berupa pemberian amplop berisi sejumlah uang. Tapi seiring berjalannya waktu, adapula yang memberikannya tanpa amplop. 

Angpau ini atau juga disebut THR tersebut diberikan oleh orang dewasa, terutama yang sudah bekerja, kepada anak yang lebih muda atau anak kecil.

BACA JUGA:7 Merk Hp Android Spek Gahar Teknologi Canggih, Nomor 2 Bukan Kaleng-kaleng!

BACA JUGA:Jalinsum di Ogan Ilir Mulai Padat Kendaraan pada H-3 Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, Pengendara Harus Sabar

Ternyata mengenai salam tempel ini sudah menjadi tradisi, namun masih sedikit orang yang mengetahui asal usul angpau atau THR lebaran. 

Untuk diketahui, layaknya masyarakat Tionghoa, masyarakat Arab juga mempunyai tradisi memberi angpau. Di Arab tradisi ini disebut Eidiyah. 

Jadi setelah melaksanakan salat Idulfitri, masyarakat Arab biasanya berkumpul di masjid, bersalam-salaman, dan memberi hadiah.

Tradisi inilah yang kemudian juga dilakukan oleh masyarakat di Indonesia saat Lebaran tibayang lebih dikenal dengan sebutan salam tempel atau THR. 

BACA JUGA:Polisi Terpaksa Beri Teguran Pengemudi Ngeyel, Sebabkan Jalintim Palembang-Betung Macet Parah

BACA JUGA:GM Pelindo Palembang Cek Langsung Kesiapan Operasional Pelabuhan Boom Baru Jelang Lebaran 2024

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), salam tempel berarti salam yang disertai uang (atau amplop berisi uang) dan sebagainya yang diselipkan dalam tangan orang yang disalami.

Rupanya, tradisi memberikan uang saat setelah Shalat Ied ini pun terus dilakukan oleh masyarakat Indonesia sampai saat ini.

Maka oleh karena itu setiap Lebaran selalu ditunggu oleh anak-anak untuk salam tempel dengan mengunjungi rumah-rumah tetangga dan keluarga. Yakni dengan tujuan mendapatkan angpau atau THR dari salam tempel. 

Salam tempel biasanya diberikan oleh orang dewasa yang sudah mapan dari segi finansial. Kemudian mereka membagikan rezekinya kepada orang tua, anak, hingga keponakan. 

BACA JUGA:Tak Perlu Repot! Begini Cara Mudah Membuat Ketupat Lebaran yang Pulen, Padat, Anti Basi, dan Anti Gagal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: