42 Kepala Desa se-Bangka Belitung Ikuti Diseminasi Paralegal Justice Award

42 Kepala Desa se-Bangka Belitung Ikuti Diseminasi Paralegal Justice Award

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan Diseminasi Paralegal Justice Award (PJA) bagi 42 Kepala Desa se-Bangka Belitung di Hotel Sol Marina Pangkalpinang.--

PANGKALPINANG, SUMEKS.CO – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan Diseminasi Paralegal Justice Award (PJA) bagi 42 Kepala Desa se-Bangka Belitung di Hotel Sol Marina Pangkalpinang.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada para Kepala Desa tentang peran penting paralegal dalam membantu masyarakat menyelesaikan permasalahan hukum.

Membuka kegiatan Diseminasi Paralegal Justice Award (PJA) di Hotel Sol Marina Pangkalpinang, Kamis 21 Maret 2024, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto, menyampaikan bahwa PJA merupakan penghargaan yang diberikan kepada Kepala Desa/Lurah yang bertindak sebagai juru damai desa atau Non-Litigation Peacemaker (NLP).

Kakanwil Harun menjelaskan bahwa PJA bertujuan untuk mendorong peran aktif Kepala Desa/Lurah dalam menyelesaikan permasalahan hukum di desa melalui pendekatan non-litigasi.

BACA JUGA:Camat Tanjung Batu Jabat Pjs Kades Tanjung Pinang 2, SK Diserahkan Wabup Ogan Ilir

BACA JUGA:Resep Ragit Jala, Makanan Khas Palembang, Menu Favorit Buka Puasa

"PJA ini merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi kepada para Kepala Desa/Lurah yang telah berkontribusi dalam menjaga perdamaian dan menyelesaikan permasalahan hukum di desa melalui musyawarah mufakat," ujar Kakanwil Harun.

Paralegal Justice Award (PJA) merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada para Kepala Desa/Lurah dan Desa/Kelurahan yang berprestasi dalam memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat. 

Paralegal Justice Award (PJA) tidak hanya memberikan penghargaan kepada para Kepala Desa/Lurah dan Desa/Kelurahan berprestasi, tetapi juga membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan praktis melalui Paralegal Academy.

Paralegal Academy merupakan program pelatihan yang dirancang khusus untuk meningkatkan kompetensi para peserta dalam menyelesaikan sengketa dan melakukan advokasi.

BACA JUGA:Sedang Kendarai Sepeda Motor, Unit Reskrim Polsek Muara Kuang Amankan Pria Pengangguran Bawa Sajam

BACA JUGA:Profil Windy Idol, Penyanyi yang Terseret Kasus Pencucian Uang Sekretaris MA

Pengajarnya yaitu tenaga ahli dari Mahkamah Agung, Kemenkumham serta praktisi hukum terkemuka di Indonesia.

Harun menuturkan, Pada tahun 2023, 3 orang perwakilan dari Bangka Belitung berhasil meraih prestasi gemilang dalam Paralegal Justice Award (PJA).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: