Wiihh..Bakal Ada 4 Provinsi Baru di Sumatera Selatan, Nomor 1 Punya Potensi Tambang Emas Terbesar di Indonesia

Wiihh..Bakal Ada 4 Provinsi Baru di Sumatera Selatan, Nomor 1 Punya Potensi Tambang Emas Terbesar di Indonesia

Provinsi baru di Sumatera Selatan yang diwacanakan akan melakukan pemekaran--

Usulan terakhir adalah Provinsi Palapa Selatan, yang merupakan pemekaran gabungan dari Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu. 

Daerah yang akan bergabung mencakup 1 kota dan 5 kabupaten, dengan ibukota provinsi di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Syarat Pemekaran Dusun

BACA JUGA:Bupati Muara Enim Dukung Pemekaran RDOB RL2

Kota Pagaralam, Lahat, Empat Lawang dari Sumatera Selatan, serta Bengkulu Selatan, Seluma, dan Kaur dari Bengkulu, semuanya akan menjadi bagian dari Provinsi Palapa Selatan.

Pembentukan provinsi baru di Sumsel ini mengintegrasikan potensi dari kedua provinsi untuk pembangunan yang lebih merata.

Meskipun moratorium DOB masih berlaku, munculnya usulan pemekaran Provinsi Sumsel mencerminkan aspirasi masyarakat untuk meningkatkan pelayanan dan pembangunan di tingkat lokal. 

Kendati demikian, keputusan akhir tetap berada di tangan Pemerintah Pusat setelah melalui proses evaluasi dan kajian mendalam.

BACA JUGA:Mendekati Tahun Politik 2024, Proses Pemekaran Desa Ditunda

BACA JUGA:Pemekaran Jangan Karena Syahwat Politik

Terutama, terkait dampak serta kesiapan infrastruktur di wilayah-wilayah yang diusulkan untuk dimekarkan.

Diketahui, Provinsi Sumatera Selatan Barat (Sumselbar) bakal mengalahkan provinsi induk sebelumnya yakni, Sumatera Selatan (Sumsel) usai dua kabupaten/kota asal Jambi dan Bengkulu ikut bergabung.

Tak hanya memiliki luas wilayah melebihi Bangka Belitung (Babel) dan Bengkulu, Provinsi Sumselbar bahkan mengalahkan provinsi induk sebelumnya, Sumsel.

Ya, Luas wilayah Sumselbar hasil dari Pemekaran wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), membuat takjub masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:Pemekaran Kecamatan di Empat Lawang Terganjal PP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: