Pria Asal Palembang Nyamar Jadi Perwira Bareskrim Polri, Tipu Wanita di Bandung Bermodus 'Halo Dek'

Pria Asal Palembang Nyamar Jadi Perwira Bareskrim Polri, Tipu Wanita di Bandung Bermodus 'Halo Dek'

Tersangka David Heydar Pratama (kanan), polisi gadungan yang ditangkap Unit Reskrim Polsek Regol Kota Bandung setelah menipu gadis di Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com--

BANDUNG, SUMEKS.CO - David Heydar Pratama (26), pria asal Kota Palembang menyamar menjadi perwira pertama dengan pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) tertangkap di BANDUNG lantaran menipu wanita.

Saat berkenalan dengan korban, David mengaku bernama Antonius Felix Rompas dan bertugas di Divisi Biro Oprasional dan Pembinaan Bareskrim Polri.

Wanita yang merupakan gadis Bandung yang ditipu David ini mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

"Pelaku ini mencari mangsa di aplikasi pencari jodoh dan berlanjut ke aplikasi chatting bermodus "halo dek"," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono didampingi Kapolsek Regol AKP Aji Riznaldi dalam konferensi pers di Mapolsek Regol, Jalan Moch Toha, Kota Bandung, Rabu 6 Maret 2024.

BACA JUGA:WADUH! Wanita di Palembang Tertipu Polisi Gadungan, Janji Akan Dinikahi Sudah Transfer Uang Rp158 Juta

Berlanjut tersangka David kemudian berkenalan dengan korban berinisial NRS, warga Kabupaten Bandung pada Desember 2023 lalu. 

Saat berkenalan, kata Budi, polisi gadungan ini memakai nama akun Antonius Felix Rompas dan menggunakan seragam kepolisian dengan atribut lengkap supaya korban percaya. 

Selama berhubungan, pelaku berulang kali meminjam uang kepada korban dengan total Rp165 juta. 

"Pelaku mengaku mengaku kepada korban membutuhkan uang untuk mengurusi masalah terkait pelanggaran kode etik. Korban yang tidak lalu meminjamkan dengan menggadaikan BPKB kendaraan korban,” katanya.

BACA JUGA:Beredar KTA Polisi Gadungan Tertulis Anggota Polsek Betung, Tanda Pangkat Terbalik Fotonya Diambil Selfie

Benar saja, pelaku tiba-tiba menghilang dan tak ada kabar usai dipinjami uang. Korban kemudian melaporkan kejadian tersebut ke polisi.

Tak lama seusai dilaporkan, pelaku berhasil diamankan di indekosnya yang terletak di daerah Dago, Kota Bandung. 

"Pelaku mengaku uang yang diambil dari korban digunakan untuk berjudi slot. David juga mengaku sudah pernah melakukan aksi serupa di wilayah Sukabumi," tuturnya.

Dalam pengungkapan itu, polisi turut mengamankan barang bukti berupa seragam polisi, pin Reserse, hingga korek api berbentuk senjata api. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: