Bahaya Mengintai! Waspada Puting Beliung di Masa Pancaroba

Bahaya Mengintai! Waspada Puting Beliung di Masa Pancaroba

Angin puting beliung yang memporakporandakan rumah warga. --

BACA JUGA:Gerakan Menanam Cabai di Sekolah untuk Membangun Sumsel Sejahtera, 5.000 Bibit Siap Sebar ke SMA/SMK

Dwikorita juga mengimbau masyarakat senantiasa menjaga kesehatan dalam menghadapi kondisi cuaca yang cepat berubah setiap harinya akibat pancaroba.

"Cuaca panas dan hujan dapat terjadi silih berganti dengan cepat sehingga dapat memicu gangguan daya tahan tubuh. Selain itu, masyarakat diharapkan dapat menyesuaikan aktivitas di luar ruangan termasuk dengan menggunakan perangkat pelindung diri dari terik matahari/hujan seperti payung, topi, atau jas hujan," jelasnya. 

Sementara itu, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan berdasarkan monitoring yang dilakukan BMKG, terdapat beberapa fenomena atmosfer yang terpantau masih cukup signifikan dan dapat memicu peningkatan curah hujan yang disertai kilat atau angin kencang di wilayah Indonesia. 

Di antaranya aktivitas monsun Asia yang masih dominan. Kedua, aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO) pada kuadran 3 (Samudra Hindia bagian timur) yang diprediksi akan memasuki wilayah Pesisir Barat Indonesia pada beberapa pekan ke depan. 

BACA JUGA:OKI Dukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan dari Sekolah dan Perkantoran

Kemudian, adanya aktivitas gelombang atmosfer di sekitar Indonesia bagian Selatan, Tengah, dan Timur. Keempat, terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di Indonesia Bagian Tengah dan Selatan.

"Jadi untuk seluruh fenomena atmosfer tersebut berkontribusi terhadap terjadinya fenomena cuaca ekstrem di berbagai wilayah di Indonesia," tukasnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: