Grand Seiko Merayakan Ulang Tahun ke-20 Mesin 9R dengan Merilis SBGE305 'Hotaka Summer'

Grand Seiko Merayakan Ulang Tahun ke-20 Mesin 9R dengan Merilis SBGE305 'Hotaka Summer'

Jam tangan Grand Seiko SBGE305 Hotaka Summer yang tampil keren dengan warna merah.--net

SUMEKS.CO - Pada tahun 2004 Grand Seiko telah merilis sebuah mesin jam spring drive otomatis pertama yang diberi nama 9R.

Melalui keberhasilan dalam menciptakan mesin canggih 9R, jam tangan Grand Seiko telah secara pasti mengenalkan mesin berteknologi Spring Drive ini untuk benar-benar lepas landas.

Kini, di tahun 2024, Grand Seiko merayakan ulang tahun ke-20 mesin jam 9R dengan dua edisi terbatas: SBGA497 'Pink Snowflake' , dan jam tangan yang kita lihat hari ini, SBGE305 “Hotaka Summer”.

Pada artikel sebelumnya telah diberikan segmen yang memberikan paparan secara lengkap mengenai SBGA497 Pink Snowflake, dan kali ini adalah kesempatan untuk SBGE305 Hotaka Summer.

BACA JUGA:Jam Tangan Casio MTG-B2000BDE Hadir Dengan Struktur Pelindung Inti Ganda Karbon yang Tangguh

Muncul dalam gaya klasik Grand Seiko, jam tangan ini terinspirasi oleh Gunung Hotaka, pegunungan dramatis yang menjadi latar belakang Shinshu Watch Studio Grand Seiko.

Sebagai dari pecinta jam tangan Grand Seiko pasti tahu bahwa Shinshu Watch Studio Grand Seiko adalah tempat dimana semua jam tangan Spring Drive dibuat.

Secara khusus, dial jam merah tua SBGE305 Hotaka Summer ini mengambil inspirasi dari cerahnya matahari terbit di musim panas yang muncul di atas Gunung Hotaka.

Selain itu,  pada beberapa sudut, tampak benar-benar matte, dengan tampilan hampir seperti manik-manik.

BACA JUGA:Elka X Ace Jewellers Rilis Jam Tangan D-Series Essence D09-0804 dengan Desain Minimalis yang Memikat

Namun kemudian, saat terkena cahaya, hasil akhir sunburst yang rumit dan berbutir akan terlihat, memancarkan cahaya membara yang seharusnya akan mengingatkan pada musim panas Jepang yang terik.

Jika Kolektor melihat jam tangan ini hanya pada sebuah foto, maka seharusnya memang kurang menggambarkan hal tersebut, tapi percayalah tampak dial secara nyata betul-betul keren.

Grand Seiko telah memasangkan dial jam berwarna merah tua yang penuh teka-teki ini dengan bezel GMT keramik hitam yang mengkilat.

Seolah jam tangan ini telah memfokuskan mata hanya pada dial jam berwarna merah cerah sekaligus menambah tampilan SBGE305 yang nyaris seperti vulkanik.

BACA JUGA:Zenith Rilis Jam Tangan Defy Skyline, Menyambut Kaliber Tourbillon Frekuensi Tingkat Tinggi

Karena sepenuhnya terbuat dari keramik sehingga sangat tahan gores, jam tangan ini juga cukup praktis, melindungi kristal jam tangan dari goresan.

Grand Seiko telah memilih pilihan desain yang menarik di mana bezel menampilkan angka genap sedangkan flensa di dalam menampilkan angka ganjil untuk melacak zona waktu kedua.

Berbeda dengan beberapa model lain dalam jajaran SBGE, jarum penunjuk 24 jam SBGE305 memiliki warna perak yang justru senada dengan jarum penunjuk lainnya.

Selain itu casing SBGE305, menampilkan perpaduan permukaan yang disikat dan dipoles Zaratsu, dengan indeks utama dan jarum jamnya juga menampilkan lapisan Lumibrite.

BACA JUGA:Jam Tangan Sinn 103 St Ty Hd Hadir Kembali dengan Teknologi Modern Namun Tetap Mengusung Desain Vintage

Bagian atas lug dan strap memiliki sentuhan akhir satin, sedangkan sisi casing dan bevelnya menampilkan permukaan luas berpelitur Zaratsu yang menyenangkan untuk dilihat.

Sedangkan jendela tanggal diposisikan sejajar dengan crown yang terletak pada posisi jam 4, sementara indikator cadangan daya diletakkan pada angka jam 8:30.

Tentu saja, indikator cadangan daya di sisi dial adalah bahan perdebatan abadi bagi para penggemar Grand Seiko.

Kenapa demikian? Beberapa orang benar-benar tidak menyukainya, namun sebenarnya indikator cadangan daya di sisi dial dapat membantu, selain itu juga memberikan sentuhan khusus pada Grand Seiko yang sporty.

BACA JUGA:Jam Tangan Baru Breitling Chronomat B01 42 UK, Eksklusif Hanya Tersedia 250 Unit Untuk Pasar Inggris

Jam tangan SBGE305 “Hotaka Summer” adalah bagian dari Koleksi sporty Grand Seiko yang sebenarnya tidak seperti kebanyakan koleksi merek lainnya.

Sebetulnya casing SBGE305 ini justru memiliki lebih banyak kesamaan dengan beberapa casing Heritage Collection, kecuali bagian mahkota pada posisi jam 4, yang merupakan ciri desain umum pada jam tangan Sports Collection GMT.

Hotaka Summer ini dilengkapi casing baja tahan karat dengan diameter 40,5 mm Goldilocks dan crown sekrup yang memberikan ketahanan air hingga kedalaman 200 m.

Grand Seiko SBGE305 Hotaka Summer sengaja dirilis dalam rangka untuk merayakan ulang tahun ke-20 lini 9R, jadi tidak mengherankan jika ia menampilkan mesin jam 9R, khususnya 9R66.

BACA JUGA:Jam Tangan G-Shock GMW-B5000PB-6 Twilight Tokyo Menghadirkan Pemandangan Kota Tokyo Saat Senja.

Perlu diketahui bahwa khusus mesin 9R66 merupakan mesin jam 9R GMT pertama di Grand Seiko yang dirilis pada tahun 2006.

Selain itu, 9R66 menawarkan tingkat akurasi plus atau minus 1 detik per hari atau 15 detik per bulan dan juga dilengkapi cadangan daya 72 jam.

Setelah diterangkan dari berbagai aspek keunggulan, barangkali yang menjadi satu-satunya dar SBGE305 ini karena mereka menggunakan caseback yang tertutup, sehingga tidak ada akses untuk mengagumi finishing “Shinshu stripe” atau roda luncur yang menyenangkan pada 9R66-nya.

Hotaka Summer dilengkapi dengan strap bracelet yang terdiri dari tiga tautan Grand Seiko standar dengan gesper lipat.

BACA JUGA:Omega Triple Date Moonphase Cosmic 1947, Jam Tangan Vintage dengan Desain Elegan

Terakhir, jam tangan Grand Seiko SBGE305 Hotaka Summer ini merupakan edisi terbatas hanya sebanyak 1.300 unit dan dapat dibandrol dengan harga 9.300 dolar atau setara dengan Rp145 jutaan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: