Yuk Simak Cara Mudah Budidaya Jamur Kancing hingga Panen dan Dapat Dijadikan Cuan

Yuk Simak Cara Mudah Budidaya Jamur Kancing hingga Panen dan Dapat Dijadikan Cuan

--

Namun kami juga dapat menggunakan campuran jerami dengan sekam padi, kemudian beri media tanam dengan air yang cukup. 

3. Pengomposan

Jika menggunakan jerami dan sekam padi sebagai media tanam budidaya jamur sebaiknya perlu untuk melakukan mengomposkan bahan-bahan tersebut terlebih dahulu.

Hal ini  bertujuan agar dapat mendekomposisi bahan organik, hingga dapat menghilangkan senyawa yang tidak diinginkan, serta dapay menciptakan kondisi yang optimal untuk pertumbuhan jamur.

BACA JUGA:Jarang Ditemukan? Begini Cara Budidaya Tanaman Buah Juwet Di Pekarangan Rumah

Oleh karena itu media tanam yang digunakan untuk budidaya jamur kancing perlu dimatangkan terlebih dahulu melalui proses pengomposan. 

Sehingga dapat nutrisi pada media tanam tersebut yang aka diserap dengan mudah oleh jamur nantinya. 

4. Penanaman Bibit

Setelah media tanam sudah disiapkan, lalu pada tahap penanaman bibit jamur kancing yaitu dengan isi wadah pada media tanam yang sudah diomposkan sekitar 15-20 cm. 

Kemudian taburkan bibit jamur kancing secara merata di atas media tanam. Jika sudah selesai tahap proses  sterilisasi selesai, suhu perlu diturunkan hingga mencapai 32°C. Pada suhu tersebut, bibit jamur kancing dapat ditanam.

BACA JUGA:7 Kelebihan Budidaya Tanaman Secara Hidroponik, Salah Satunya Lebih Cepat Panen

Untuk melakukan penanaman jamur kancing ialah dengan menyebarkan ke media tanam, setelah itu tunggu 12 atau 14 hari jamur akan menunjukkan tanda pertumbuhannya. 

5. Perawatan

Pada tahap perawatan budidaya jamur kancing ini cukup praktis dan mudah, hanya saja meletakkan wadah budidaya di tempat yang teduh dengan suhu sekitar 20-25°C.

 Tidak hanya itu lalu lakukan penyiraman pada media tanam bibit jamur kancing secara rutin atau teratur, namun hindari penyiraman secara berlebihan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: