7 Kelebihan Budidaya Tanaman Secara Hidroponik, Salah Satunya Lebih Cepat Panen

7 Kelebihan Budidaya Tanaman Secara Hidroponik, Salah Satunya Lebih Cepat Panen

Hidroponik merupakan salah satu cara bercocok tanam yang banyak ditekuni untuk mengatasi keterbatasan lahan.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Budidaya tanaman secara hidroponik semakin diminati masyarakat luas, bukan sekadar karena caranya yang sederhana atau mudah, tetapi juga karena kualitas tanaman yang dihasilkan sangat baik.

Hidroponik merupakan cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah, yang biasanya dikerjakan dalam kamar kaca dengan menggunakan media air yang berisi zat hara. 

Dilansir dari sumber, metode hidroponik adalah solusi bertani dalam mengatasi keterbatasan lahan atau tanah.

Nah sekarang menanam tanaman sudah modern sekali sehingga dapat dilakukan dengan bermacam cara. Diantara banyak cara yang telah mulai digunakan saat menanam tanaman yaitu adalah metode hidroponik. 

BACA JUGA:Yuk ke Kampung Tempe Tertua di Kota Palembang, Kini Limbahnya untuk Pupuk Hidroponik

Untuk metode hidroponik ini tidak menggunakan media tanam tanah, namun diganti dengan menggunakan air yang mengandung nutrisi serta mineral tertentu untuk menjadi media tanam.

Jadi metode ini sangat praktis dilakukan kalau tidak memiliki lahan.  Selain dari itu ada beberapa kelebihan lainnya dari hidroponik yang perlu diketahui: 

1. Bebas Hama

Kelebihan hidroponik yang satu ini ialah mengurangi hama dan penyakit yang berasal dari media tanam tanah. 

BACA JUGA:Berdayakan Perempuan, BRI Jadikan Kelompok Wanita Tani Hidroponik di Bali Jadi Percontohan

Tanaman hidroponik ini juga terhindar dari gulma atau tumbuhan liar yang biasanya tumbuh di perkebunan dengan media tanah.

Dengan menggunakan metode hidroponik media tanamnya hanya bisa ditumbuhi oleh tanaman inti saja. Dengan begitu, tanaman bisa tumbuh optimal tanpa adanya gulma.

2. Memaksimalkan Ruang

Tanaman hidroponik ini dapat ditanam di lahan terbatas. Bahkan tanaman ini bisa dibudidayakan didalam ruangan. Hal ini karena hidroponik ini tidak butuh lahan yang luas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: