Punya Manfaat? Ini Cara Mudah Budidaya Tanaman Daun Sirih di Pekarangan Rumah

Punya Manfaat? Ini Cara Mudah Budidaya Tanaman Daun Sirih di Pekarangan Rumah

Daun sirih memiliki nama latin, piper betle yang termasuk jenis tumbuhan tropis yang mudah dibudidayakan. --dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Daun Sirih memiliki manfaat yang beragam, sebagai pengobatan, tanamah hias hingga sering digunakan untuk keperluan acara adat istiadat.

Tanaman ini memiliki nama latin, piper betle yang termasuk jenis tumbuhan tropis yang mudah dibudidayakan. 

Daun sirih dapat tumbuh di berbagai jenis tanah dan untuk budidaya tanaman ini pun cukup mudah. Ada beberapa cara budidaya tanaman daun sirih yang bisa diterapkan di pekarangan rumah. 

Daun sirih juga memiliki jenis yang beragam mulai dari sirih gading, sirih cengkeh, sirih casing, sirih manado hingga sirih.

Setelah mengetahui manfaat dan jenis daun sirih, sekarang simak beberapa cara mudah budidaya tanaman ini:

BACA JUGA:Budidaya Tanaman Sayuran Secara Hidroponik Manfaatkan Lahan Terbatas, Begini Caranya

1. Siapkan Lahan

Pertama ialah siapkan lahan tanam, pastikan lahan yang akan digunakan untuk budidaya daun sirih ini ialah tanah yang subur dan gembur, memiliki tekstur yang lempung liat berpasir, tidak tergenang oleh air, serta berada dibawah naungan. 

2. Siapkan ajir

Tahap budidaya daun sirih ialah dengan siapkan ajir untuk perambatan daun sirih nantinya atau kamu bisa menggunakan tegakan pohon sebagai ajir alami, namun pastikan beri jarak sekitar 25 cm. 

3. Siapkan tempat budidaya

Tahap selanjutnya ialah dengan melakukan untuk tempat penanaman yaitu Lakukan pengolahan lahan, seperti pencangkulan, pembersihan gulma dan bebatuan yang mengganggu, serta pemupukan dasar dengan pupuk kandang.

BACA JUGA:Kaya Manfaat! Yuk Budidaya Daun Mint, Caranya Mudah Banget

Namun jika menanam nya di dalam wadah atau polybag, kamu dapat siapkan campurkan tanah yang subur dan pupuk kandang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: