Jangan Anggap Sepele! Ini Alasan Mengapa Basa-basi Itu Penting, Salah Satunya Dapat Mencegah Kecanggungan

Jangan Anggap Sepele! Ini Alasan Mengapa Basa-basi Itu Penting, Salah Satunya Dapat Mencegah Kecanggungan

Ilustrasi--net

Jangan Anggap Sepele! Ini Alasan Mengapa Basa-basi Itu Penting, Salah Satunya Dapat Mencegah Kecanggungan

SUMEKS.CO - Ketika berada di lingkungan sosial, Basa-basi merupakan hal yang paling ampuh agar dapat mencairkan suasana.

Meskipun basa-basi sering disepelekan namun ada beberapa alasan mengapa basa-basi merupakan hal yang penting.

Nah ketika bertemu dengan orang lain secara tidak diduga atau bertemu dengan orang baru, kamu dapat melakukan pendekatan memulai basa-basi yang baik hingga dapat mencegah kecanggungan.

Meskipun kebanyakan orang menyepelekan hal ini, karena dianggap membuang waktu saja, tapi nyata nya basa basi merupakan teknik agar dapat memulai topik pembicaraan.

BACA JUGA:Canggung Saat Berkomunikasi Dengan Orang Lain? Yuk Kenali Penyebab Socially Awkward serta Penyebabnya

Nah jika anda memulai untuk belajar cara berbicara yang baik, hal ini penting untuk dilakukan, para pakar juga menentukan etika berbicara dengan memulai pembicaraan yang ringan, interaksi akan berjalan.

Oleh sebab itu meskipun sering disepelekan, ada beberapa alasan mengapa basa basi merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan di lingkungan sosial, diantaranya:

1. Dapat mudah beradaptasi di lingkungan baru

Tidak bisa kita pungkiri bahwa lingkungan sosial yang baru akan menuntut kita untuk mudan beradaptasi dengan bersosialisasi.

BACA JUGA:Penting! 7 Etika Berkomunikasi yang Baik Dalam Grup WhatsApp

Oleh karena itu kamu dapat meningkatkan kemampuan untuk berasa yang baik serta fleksibilitas jika berada di lingkungan sosial yang baru.

Salah satu agar dapat meningkatkan beradaptasi ialah harus membiasakan diri untuk melakukan basa basi, namun basa basi nya harus berkualitas tanpa meremehkan satu sama lain.

Misalnya dengan melakukan basa basi juga dapat mencairkan suasana, sehingga kamu dapat mudah akrab dengan orang baru yang tertarik padamu.

2. Orang lain akan menganggapmu memiliki sikap yang ramah

BACA JUGA:Berikut 6 Teknik Relaksasi Sederhana yang Mampu Meredakan Stres Agar Hidup Lebih Tenang

Basa basi merupakan teknik agar kamu dapat mendapatkan teman baru atau orang yang baru saja dikenal.

Sehingga kamu dapat di cal sebagai orang yang ramah kepada orang lain, hal itu dikarenakan kamu berusaha untuk memulai pembicaraan meskipun dengan orang lain secara tiba-tiba.

Mereka juga akan menghargai atau mengapresiasi hingga mereka juga akan merespon dengan baik pembicaraan kita.

Sehingga tentunya akan dapat memberikan dampak pengaruh positif terhadap lingkungan sosial dan kamu di pasti kan juga dikenal baik oleh banyak orang.

BACA JUGA:Simak 7 Prinsip Filosofi Stoikisme, Bikin Hidup Lebih Bahagia dan Tenang

3.Mencairkan Suasana

Basa-basi sangat diperlukan agar suasana nya yang tadi nya canggung hingga dapat mencairkan keheningan. Hal ini dapat bermanfaat bagi kita untuk bisa berkomunikasi dengan baik pada sesama.

Ketika kamu memulai untuk berbicara dengan pertanyaan yang ringan namun berkesan hingga timbullah pertanyaan lain sehingga dapat berbicara atau berkomunikasi secara intensif dan saling terbuka satu sama lain.

Hal ini dikarenakan basa basi dapat mencarikan suasana yang tadi nya hanya keheningan atau suasana nya canggung hingga pembicaraan pun cenderung hangat dan menyenangkan.

BACA JUGA:Biar Hidup Lebih Menyenangkan, Ini 5 Cara Nyaman Menjadi Diri Sendiri

4. Mudah menemukan topik pembicaraan

Membiasakan diri untuk basa basi hingga dapat membuat Anda mudah untuk menemukan topik pembicaraan, dengan hal begitu kamu dapat bersosialisasi dengan orang baru.

Tidak ada salah nya untuk menanyakan kabar atau sudah makan atau belum, sehingga keheningan atau kecanggungan itu akan teratasi, tidak hanya itu itu saja basa bisa itu akan memberikan peluang agat kita dapat berinteraksi lebih dalam dari hal basa basi.

Topik yang cocok akan terpikir kan jika kita sudah mulai membiasakan untuk basa basi dengan orang lain.

BACA JUGA:Konsep Prinsip Frugal Living, Bisa Jadikan Resolusi Gaya Hidup Hemat 2024, Cek Cara Penerapannya!

5. Basa-basi akan membuatmu mudah akrab dengan orang lain

Nah alasan terakhir basa basi ialah selain dapat berbicara dan mencairkan suasana, basa basi juga merupakan suatu hal yang membuat kamu mudah akrab dengan orang lain.

Hal ini dikarenakan dengan melakukan basa basi yang baik sehingga lawan bicara mu merasa nyaman melakukan interaksi dengan Anda.

Oleh sebab itu mereka akan merasa cukup diperhatikan karena kamu berusaha untuk membuka topik pembicaraan meskipun diawal dengan basa-basi.

BACA JUGA: 6 Manfaat Menerapkan Konsep Gaya Hidup Minimalis, Salah Satunya Lebih Sehat Secara Finansial

Nah, interaksi mulai berjalan, dan dapat membuat keakraban pun mudah terjalin.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: