Seiko Prospex 1970 Naomi Uemura SLA069 Hadir Untuk Menghormati Pendaki Gunung Paling Dihormati di Jepang

Seiko Prospex 1970 Naomi Uemura SLA069 Hadir Untuk Menghormati Pendaki Gunung Paling Dihormati di Jepang

Jam tangan Prospex terbaru mengambil tema menghormati Naomi Uemura, pendaki gunung dan petualang Jepang yang sangat dihormati.--dok : sumsek.co

Seiko Prospex 1970 Naomi Uemura SLA069 Hadir Untuk Menghormati Pendaki Gunung Paling Dihormati di Jepang

SUMEKS.CO - Bagian dari koleksi jam tangan Prospex terbaru mengambil tema menghormati Naomi Uemura, pendaki gunung dan petualang Jepang yang sangat dihormati.

Seiko memang dikenal sebagai merek jam tangan yang banyak menghadirkan model baru sepanjang tahun, ada yang hadir dalam seri khusus atau terbatas. 

Sebetulnya dari merek Seiko sendiri, tema Naomi Uemura bukan merupakan model pertama yang didedikasikan untuk pencapaiannya.

BACA JUGA:Spektakuler! Jam Tangan Seperti Kunang-kunang yang Bercahaya di Malam Hari: Bell & Ross BR-X5 Green Lum

Jika kolektor membuka artikel lama, maka kolektor pasti akan menemukan referensi Tribute to Naomi Uemura SLA049 dan SLA051 yang diperkenalkan pada tahun 2021.

Semuanya model dari Seiko Naomi Uemura adalah berjenis jam tangan penyelam atau diving watch, dari tahun 1970 yang dikenakan oleh pria yang meminjamkan namanya pada jam tangan ini. 

Sekarang, Seiko kembali ke tema ini dengan SLA069 Prospex 1970 Diver, atau bisa dikatakan interpretasi ulang untuk model yang lebih modern.

Sebagian informasi, Naomi Uemura sendiri terkenal pernah mendaki Mont Blanc, Gunung Kilimanjaro, Gunung Aconcagua, Gunung Everest dan Denali atau dikenal sebagai Gunung McKinley.

BACA JUGA:Keren! Jam Tangan Bell & Ross BR 03 Gyrocompass Menempatkan Instrumen Kokpit Pesawat di Pergelangan Tangan

Semua orang bisa mendaki, tapi yang menjadi spotlight adalah bagaimana Naomi Uemura menaklukkan medan alam tersebut hanya dengan kurun waktu empat tahun.

Naomi Uemura telah menjadi pendaki gunung pertama yang mencapai puncak dari lima puncak tersebut.

Dalam salah satu pendakiannya Naomi Uemura juga melakukan perjalanan kereta luncur anjing solo dari Greenland ke Alaska.

Perjalan salju memang sulit, Naomi Uemura bahkan membutuhkan waktu 18 bulan untuk menyelesaikannya.

BACA JUGA:Bikin Jiwa Miskin Meronta! Inilah 5 Jam Tangan Termahal di Dunia, Harganya Hingga Jutaan Dollar!

Pada pendakian besarnya tersebut, Naomi Uemura mengenakan jam tangan penyelam tahun 1970-an karya Seiko selama petualangan tersebut.

Namun sayangnya, Naomi Uemura secara tragis menghilang saat turunan pendakian Denali pada musim dingin tahun 1984 dan tidak pernah ditemukan sampai saat ini.

Itulah tadi latar belakang terciptanya kolaborasi antara Seiko dan nama besar Naomi Uemura, dan betapa Seiko sangat menghormati pendaki kebanggaan asal tanah air mereka tersebut.

Jam tangan Seiko Prospex 1970 Naomi Uemura SLA069 ini menerapkan penggunaan material baja tahan karat pada casingnya.

BACA JUGA:Gila dan Spektakuler! Mesin 16 Silinder Buggati Bisa Dipakai Pada Pergelangan Melalui Jam Tangan Jacob&Co

Perlu diketahui bahwa Jam tangan Seiko Prospex 1970 Naomi Uemura SLA069 mengambil desain Turtle yang familiar.

Jam tangan Seiko Prospex 1970 Naomi Uemura SLA069 memiliki diameter 44mm dengan ketebalan 13mm sehingga betul-betul menerapkan desain Turtle secara penuh.

Juga masih dengan tata letak yang sama seperti seri turtle yaitu meletakkan pelindung crown khasnya yang menonjol dari lug kanan bawah pada posisi indeks angka empat.

Sementara bezel pinggir dan crown diberikan aksen berwarna biru dan bezel utama berwarna hitam, setidaknya telah memberikan tampilan yang sangat berbeda.

BACA JUGA:Menghadapi Gaya Hidup Perkotaan dengan Jam Tangan Bell & Ross BR 05 Chrono Green Steel

Bezel utama diberi sisipan metalik dan sentuhan finishing warna hitam untuk menambah kontras dengan warna biru dan perak pada casing lainnya.

Dial jam diberikan warna seputih salju dan dibuat menggunakan teknik etsa berbeda untuk menciptakan tekstur dan citra yang unik.

Pada dial jam tangan Seiko Prospex 1970 Naomi Uemura SLA069 terlihat siluet pegunungan Mont Blanc melalui teksturnya yang mirip salju.

Penerapan angka besar dan jarum berbentuk pedang diselesaikan dengan LumiBrite, dengan jarum penunjuk detik menunjukkan ujung berbentuk dayung yang sudah dikenal.

BACA JUGA:Jam Tangan Bergaya Kompresor dari Longines Legend Diver 39mm Hadir Dengan Ukuran Paling Mantap

Jam tangan ini juga menghadirkan fitur tanggal, yang di mana jendela tanggal tersebut diletakkan pada jam 04:30.

Jam tangan Seiko Prospex 1970 Naomi Uemura SLA069 masih menggunakan mesin kaliber 8L35 otomatis.

Menariknya, kaliber ini justru merupakan mesin yang juga digunakan dalam referensi Interpretasi Ulang Modern tahun 1970 sebelumnya.

Jadi dapat dikatakan bahwa jam tangan Seiko Prospex 1970 Naomi Uemura SLA069 ini betul-betul menghormati versi historisnya.

BACA JUGA:Jam Tangan Hamilton Pilot Pioneer 2022 Tidak Relevan Secara Historis! Apakah Pesona Vintage-nya Masih Ada?

Mesin kaliber 8L35 ini memiliki frekuensi 28,800vph, menggunakan 26 permata dan memiliki cadangan daya hingga 50 jam.

Kaliber ini diatur untuk berjalan dalam deviasi +15 hingga -10 detik per hari.

Tersembunyi dari pandangan di balik casing belakangnya yang kokoh, yang bersama dengan crown yang disekrup, terdapat print informasi yang memastikan ketahanan air hingga kedalaman 200 meter.

Interpretasi Ulang Modern Penyelam Seiko Prospex 1970 yang baru, yaitu seri Naomi Uemura SLA069 hadir dengan strap baja tahan karat lima tautan dengan tautan besar yang disikat dan tautan ramping yang dipoles di antaranya.

BACA JUGA:Casio G-Shock GMW-B5000TVB-1ER Titanium Virtual Armor, Jam Tangan Estetika Keren

Pada bagian penguncian strapny, telah dilengkapi dengan gesper lipat tiga yang mencakup ekstensi penyelam.

Dari semua ulasan ini sebuah kata yang disampaikan adalah kolektor harus memiliki jam tangan Seiko Prospex 1970 Naomi Uemura SLA069 yang sangat mengesankan ini.

Namun demikian, perlu diketahui bahwa jam tangan jam tangan Seiko Prospex 1970 Naomi Uemura SLA069 merupakan edisi terbatas.

Jam tangan Seiko Prospex 1970 Naomi Uemura SLA069 ini hanya tersedia dalam 500 unit dan sudah tersedia sejak Mei 2023 yang lalu.

BACA JUGA:Jam Tangan Doxa Sub 200 Divingstar Dial Kuning, Sentuhan Warna yang Jarang Namun Segar

Untuk informasi terakhir sebagai penutup dari ulasan ini adalah informasi tentang harga. Jam tangan Seiko Prospex 1970 Naomi Uemura SLA069 jika masih tersedia maka dapat dibandrol dengan kisaran harga Rp34 jutaan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: