Tanggulangi Bencana Banjir, Bhabinkamtibmas Polsek Tanjung Raja Ogan Ilir Sarankan Kades Bentuk Relawan

Tanggulangi Bencana Banjir, Bhabinkamtibmas Polsek Tanjung Raja Ogan Ilir Sarankan Kades Bentuk Relawan

Bhabinkamtibmas Polsek Tanjung Raja, saat memantau kondisi debit Sungai Ogan di Kecamatan Tanjung Raja, Rabu, 24 Januari 2024.--

"Kita mengimbau masyarakat supaya selalu waspada, terutama pada saat hujan lebat. Karena akan berisiko terjadinya banjir," tutupnya. 

BACA JUGA:Operasi Pekat, Polsek Tanjung Raja Sita 37 Botol Miras dan 2.071 Butir Petasan Berbagai Jenis

Terpisah, Kades Penyandingan, Yusman Subki menerangkan, bahwa debit air di wilayahnya meningkat dalam beberapa hari terakhir, namun masih dalam batas normal.

"Memang sudah ada peningkatan, tapi alhamdulillah aktivitas warga tidak terdampak oleh tingginya debit air ini," ungkapnya. 

Sebelumnya, tingginya debit air Sungai Ogan di wilayah hukum Polsek Tanjung Raja ini, telah mengintai tiga desa dan kelurahan.

BACA JUGA: Monitoring Tempat Wisata, Kapolsek Tanjung Raja Imbau Pengunjung Jaga Keselamatan

Yaitu, Kelurahan Tanjung Raja dan Kelurahan Tanjung Raja Utara di Kecamatan Tanjung Raja, serta Desa Srijabo Kecamatan Sungai Pinang. 

"Tujuan pengecekan ini adalah untuk memantau ketinggian air, serta mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," jelasnya. 

Dari hasil pengecekan debit air Sungai Ogan, ditemukan dalam waktu satu pekan terakhir didapatkan peningkatan debit air, namun masih dalam batas normal.

BACA JUGA:Dramatis, Warga Angkat Rumah yang Tinggal Beberapa Centimeter Longsor Terbawa Banjir Bandang di Kolaka Timur

Hal itu berdasarkan informasi dari warga Desa Srijabo Kecamatan Sungai Pinang, Anang dan Suhaimi, yang memberitahukan bahwa debit air meningkat.

"Namun masih dalam batas normal," ujarnya.

Kapolsek juga menyebut, meskipun saat ini debit air Sungai Ogan mulai tinggi, belum ditemukan daerah yang terendam banjir di wilayah Kecamatan Tanjung Raja dan Sungai Pinang. 

BACA JUGA:Banjir Rawas Ilir Masih Melanda, Warga Sebut Peristiwa 1982 Akan Terulang

"Belum ditemukan lokasi yang terdampak banjir akibat musim hujan, namun masih tetap waspada apabila ada peningkatan curah hujan," tutupnya.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: