Targetkan Luas Panen Padi Meningkat 12,39 Persen Tahun 2024

Targetkan Luas Panen Padi Meningkat 12,39 Persen Tahun 2024

Pemprov Sumsel menargetkan luas panen padi meningkat 12,39 persen pada tahun 2024. Foto: dokumen/sumeks.co--

BACA JUGA: Hasil Panen Padi di Kota Pagaralam Menurun, Pengaruh Curah Hujan yang Tinggi

Pilih varietas padi yang unggul dan sesuai dengan kondisi lingkungan setempat. Varietas yang tahan terhadap penyakit, hama, dan cuaca ekstrem dapat meningkatkan hasil panen.

2. Pengelolaan Tanah yang Baik

Praktik pengelolaan tanah yang tepat, seperti pemupukan yang sesuai dan pengendalian gulma, membantu meningkatkan kesuburan tanah dan meminimalkan persaingan dengan tanaman padi.

3. Penggunaan Pupuk Organik

BACA JUGA:Berkat Atap Jembatan di Desa Tanjung Raja, Petani Bisa Panen Padi 2 Kali Setahun, Bahkan Tiga Sampai Lima Kali

Menggabungkan pupuk organik dapat meningkatkan kualitas tanah, memperbaiki struktur tanah, dan memberikan nutrisi secara bertahap, yang dapat meningkatkan produktivitas padi.

4. Pengairan yang Efisien

Terapkan sistem pengairan yang efisien, seperti irigasi tetes atau irigasi berbasis teknologi, untuk memastikan tanaman padi mendapatkan jumlah air yang optimal tanpa pemborosan.

5. Manajemen Penyakit dan Hama

BACA JUGA:Dukung Swasembada Pangan, PT Pusri Palembang Adakan Bimtek di Pemalang, Upayakan Hasil Panen Lebih Optimal

Implementasikan strategi pengendalian penyakit dan hama yang efektif, seperti pemantauan rutin, penggunaan varietas tahan, dan penggunaan agen pengendalian biologis.

6. Teknologi Pertanian Terkini

Manfaatkan teknologi pertanian terkini, seperti sensor tanah dan drone, untuk memantau kondisi tanaman, memprediksi penyakit, dan memberikan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan.

7. Pemupukan Berimbang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: