Dukung Swasembada Pangan, PT Pusri Palembang Adakan Bimtek di Pemalang, Upayakan Hasil Panen Lebih Optimal

Dukung Swasembada Pangan, PT Pusri Palembang Adakan Bimtek di Pemalang, Upayakan Hasil Panen Lebih Optimal

PT Pusri Palembang mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemupukan Berimbang dan Integrated Farming, di Gedung PGRI Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah--

SUMEKS.CO - Guna mendukung swasembada pangan nasional, PT Pusri Palembang mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemupukan Berimbang dan Integrated Farming, di Gedung PGRI Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Bimtek yang dilaksanakan oleh Direktur Utama Pusri, Daconi Khotob pada 17 Januari 2024, diikuti oleh penyuluh pertanian dan petani di Kabupaten Pemalang.

Tak hanya itu, kegiatan tersebut turut dihadiri Anggota Komisi VII PR RI, Ramson Siagian, Bupati Pemalang, Mansyur Hidayat dan unsur muspika setempat.

Daconi Khotob mengungkapkan, memasuki musim tanam, penting bagi petani untuk menerapkan pemupukan berimbang, karena bermanfaat untuk keberlajutan pertanian dan mengefisienkan penggunaan pupuk.

BACA JUGA:Fantastis! PT Pusri Palembang Borong 11 Penghargaan Pada Indonesia Green Awards 2024, Ini Kategori yang Diraih

"Melalui Bimtek ini harapan kami selaku produsen pupuk, petani dapat memahami cara penggunaan pupuk yang pas dan sesuai rekomendasi," ungkap Daconi.

Lebih dari itu, Daconi juga menjelaskan, penerapan pemupukan berimbang juga dapat mendorong peningkatan hasil panen yang lebih optimal.

Adapun contoh formulasi pemupukan berimbang untuk komoditas padi adalah 5:3:2 dengan rincina 500 kg pupuk organik, 300 kg pupuk NPK dan 200 kg pupuk urea.

“Penerapan pemupukan berimbang dengan dukungan teknologi dan infrastruktur pertanian yang baik, dapat meningkatkan produktivitas pertanian serta meningkatkan pendapatan petani," terang Daconi.

BACA JUGA:Tutup Produksi, PT Pusri Palembang Lakukan Pengantongan dan Trucking Akhir 2023 dan Perdana 2024

Daconi menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk dukungan PT Pusri terhadap program transformasi bisnis yang saat ini sedang digaungkan di lingkungan BUMN.

Serta sebagai salah satu bentuk peran aktif Pusri dalam mencari solusi terhadap permasalahan yang terjadi di lapangan, terutama terkait distribusi dan penyaluran pupuk.

Menurutnya, PT Pusri memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyalurkan pupuk urea dan NPK bersubsidi di beberapa wilayah yang sudah ditetapkan pemerintah. 

“Alhamdulillah untuk Tahun 2023 lalu, penyerapan pupuk bersubsidi di Pemalang mencapai 82 persen," beber Daconi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: