Sosok Penting Dibalik Karakter Kuat! 7 Mentor Terbaik di Anime Sepanjang Masa

Sosok Penting Dibalik Karakter Kuat! 7 Mentor Terbaik di Anime Sepanjang Masa

Salah satu mentor terbaik dalam film anime sepanjang masa.--net

SUMEKS.CO - Seorang mentor memegang peranan penting di balik karakter kuat pada alur cerita anime, baik itu dalam narasi hingga kebutuhan fungsi cerita itu sendiri. 

Secara fungsional, mentor dibutuhkan untuk menjelaskan aturan dunia kepada karakter, sedangkan secara naratif, nasihat dan pelatihan yang mereka berikan membantu karakter untuk berkembang secara mental.

Mentor terbaik akan melakukan lebih dari sekedar membuat muridnya menjadi lebih kuat, lebih dari itu mentor juga membantu muridnya menjadi orang yang lebih baik. 

Mentor tidak hanya mempersiapkan muridnya untuk menghadapi musuh kuat dengan memberinya teknik-teknik baru, tetapi juga untuk menguasai emosi mereka sendiri untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri.

BACA JUGA:7 Peringkat Iblis Terkuat dan Paling Menakutkan Pada Anime Chainsaw Men

Pertama perlu diputuskan terlebih dahulu atas dasar apa penilaiannya hingga karakter dalam daftar ini disebut sebagai “mentor terbaik”

Kualitas apa saja yang membuat seorang mentor menonjol dibandingkan yang lain? Dasarnya adalah ikatan emosional antara mentor dan murid serta kemampuan dan filosofi hidup mentor itu sendiri.

Berikut mentor terkuat di anime sepanjang masa:

1. Might Guy

BACA JUGA:Daftar Anime yang Membuat Penonton Trauma Karena Alur Cerita dan Visualnya yang Mengerikan

Might Guy bukanlah sekadar guru konyol di akademi ninja Konoha seperti yang digambarkan di awal cerita. 

Semua penonton pasti awalnya menilai begitu, tak terkecuali karakter yang ada di anime Naruto, tapi faktanya Guy merupakan mentor terbaik nomor 1 dalam daftar ini.

Guy sendiri memiliki tiga murid dengan masalah kepercayaan diri yang rendah, Rock Lee yang tidak menguasai Ninjutsu, Neji dengan masalah strata sosialnya, dan tenten yang tidak kompeten.

Guy melatih ketiga muridnya itu lebih dari apa yang bisa dilakukan mentor di sepanjang anime, dia menyentuh hati yang terdalam dengan kobaran api semangat, juga porsi latihan tidak masuk akal yang diberikannya.

BACA JUGA: Anime Hachimitsu No Clover, Anime Bertema Kampus dan Romansa Terbaik Sejak Dua Dekade

Selain itu Guy telah menjadi salah satu karakter utama dari perang dunia shinobi keempat. Master Taijutsu terhebat yang mengalahkan dewa dan hidup untuk menceritakan kisahnya tersebut.

2. Master Roshi

Master Roshi adalah  seorang pertapa tua yang aneh dan sering kali mesum, tetapi di balik kacamata hitam dan cangkang kura-kura itu, dia adalah salah satu seniman bela diri paling bijaksana dan terkuat di alam semesta. 

Master Roshi adalah alasan utama mengapa manusia seperti Krillin, dapat menjadi manusia terkuat, tetapi dia juga meluangkan waktu untuk menanamkan dalam diri mereka rasa moralitas yang kuat: seni bela diri bukanlah cara untuk tampil keren, atau menindas orang lain, tetapi untuk mengasah tubuh dan pikiran serta membela teman-teman.

BACA JUGA: Anime yang Mengecewakan hingga Penonton Memutuskan untuk Berhenti Mengikutinya, Berdasarkan Komentar Nitizen!

Tanpa Master Roshi, Bumi, dan bahkan alam semesta pasti sudah hancur lantaran Goku, Krillin, dan yang lainnya tidak akan pernah memiliki kekuatan.

3. All Maight

Pahlawan paling terkenal dan kuat di dunia pada anime Bokuno Hero Academy, All-Might memikul beban berat sebagai simbol harapan dan kebaikan bagi seluruh umat manusia, disatu sisi dia mengetahui bahwa kekuatannya semakin berkurang. 

Meskipun pilihannya untuk mencari penerus adalah sebuah hal yang logis, sungguh mengagumkan betapa banyak waktu yang dia habiskan untuk muridnya Midoriya.

BACA JUGA: 9 Karakter Anime Paling Ganteng! Apakah Salah Satunya Karakter Favoritmu?

All Maight menghabiskan waktu dalam pelatihan maupun dalam membimbingnya melalui dunia baru sebagai pahlawan.

Bahkan setelah wujud tak berdayanya akhirnya terungkap ke dunia, All-Might masih memberikan semua yang dia miliki untuk melawan kejahatan, bahkan jika itu berarti menyerahkan identitas dan privasinya. 

All Maight mendedikasikan dirinya untuk menghentikan One For All dan melatih Midoriya serta generasi pahlawan berikutnya untuk menjadi mercusuar yang lebih cemerlang dari dirinya.

4. Kakashi Hatake

BACA JUGA:10 Pengguna Hatsu Papan Atas di Anime Hunter X Hunter, Teknik Hatsu Milik Siapa yang Tak Terkalahkan?

Kakashi Hatake memiliki sifat yang santai dan bersuara lembut, dia adalah kebalikan dari ninja muda yang berusaha sekuat tenaga untuk membuktikan dirinya.

Di anime Naruto, Kakashi akhirnya menunjukkan bahwa dia mampu melakukan lebih banyak hal, baik sebagai mentor, dalam pertarungan maupun sebagai pemimpin.

Namun demikian, dari semua pencapaiannya yang luar biasa, perannya sebagai mentor bagi Naruto, Sasuke, dan Sakura adalah salah satu yang paling membanggakannya. 

Tanpa pelatihan dan bimbingannya, Naruto mungkin tidak akan pernah bisa keluar dari sifat impulsif dan arogannya untuk menjadi ninja yang dibutuhkan dunia. 

BACA JUGA: Anime Boruto Buktikan Shikamaru Akan Selalu Menjadi Ninja Terpintar Bahkan Sejak di Naruto

Bahkan ketika Kakashi akhirnya menjadi Hokage, Kakashi masih menjalin hubungan dekat dengan murid-muridnya.

5. Genkai

Yu Yu Hakusho adalah salah satu anime paling berpengaruh dalam genre Shonen dan membantu membentuk anime pada tahun 1990-an

Sementara karakter Genkai adalah contoh sempurna dari hal ini, seorang mentor yang tegas namun penuh kasih sayang yang rela melakukan apa saja untuk melindungi Bumi.

BACA JUGA: 8 Karakter Villain Anime Shonen Terkuat Sepanjang Masa, Nyaris Mustahil Dikalahkan

Genkai menempatkan murid-muridnya, terutama Yusuke, melalui program pelatihan yang mengerikan untuk mempersiapkan mereka menghadapi kekuatan yang mengancam umat manusia.

Genkai bisa dibilang sebagai arketipe buku teks yang telah menjadi sangat umum di Shonen, tetapi Genkai juga memiliki sisi yang lebih lembut, bertindak sebagai nenek pengganti Yusuke dan mempertaruhkan nyawanya untuk Yusuke dalam banyak kesempatan. 

Meskipun pada awalnya dia tampaknya terobsesi untuk melindungi Bumi dan akan melanggar batas moral untuk melakukannya, dia akhirnya terungkap memiliki sisi yang lebih lembut.

6. Keith Shadis

BACA JUGA:Anime Haikyuu, Bleach hingga Hunter X Hunter Segera Tayang di Televisi Swasta Indonesia 2024

Keith Shadis adalah seorang pria yang hancur, kegagalannya memimpin Resimen Pramuka menyebabkan dia mengalami gangguan yang sangat umum. 

Namun setelah jatuhnya Tembok Maria, dia bertekad untuk tetap berkontribusi pada kemanusiaan, dan menebus nyawa yang hilang di bawah komandonya dengan melatih tentara generasi berikutnya menggunakan pengalaman langsungnya dengan para Titan.

Meskipun brutal dan kejam ketika memberikan porsi latihan, faktanya Keith mengubah anak yatim piatu dan anak-anak yang ketakutan menjadi tentara yang gigih dan terampil. 

Melalui semua itu, dia masih sangat memperhatikan mereka. Pada akhirnya, dia memilih untuk mengorbankan dirinya untuk melindungi Eren.

BACA JUGA: List Anime Komedi Terlucu Buat Nonton Bersama Pacar, Dijamin Mengundang Gelak Tawa

7. Paman Iroh

Paman Iroh dalam serial Avatar The Lagend Of Aang, selalu ada untuk memberikan beberapa kebijaksanaannya yang luar biasa, beberapa kutipannya selalu menginspirasi.

Iroh adalah sumber kebijaksanaan utama yang memiliki filosofi hidup, kata-kata bijaknya adalah pokok dari serial ini.

BACA JUGA:Update, Netflix Pastikan Remake Anime The One Piece segera Tayang dan Lebih Seru

Hingga akhirnya paman Iroh mampu untuk membuat keponakannya yaitu pangeran Zuko untuk memilih jalan hidup yang lebih baik ketimbang menuruti ego dan mengejar terus ambisi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: