Berikut 8 Cara Efektif yang Bisa Dilakukan untuk Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan

Berikut 8 Cara Efektif yang Bisa Dilakukan untuk Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan

Perut buncit setelah melahirkan bayi menjadi persoalan baru bagi wanita.--dok : sumsek.co

SUMEKS.CO – Setelah seorang wanita melahirkan, perut merupakan salah satu bagian tubuh yang juga akan mengalami perubahan signifikan setelah melewati masa kehamilan, salah satunya perut buncit.

Secara umum, bertambahnya berat badan seta perut yang membuncit adalah hal yanh wajar jika dialami wanita yang baru selesai melahirkan.

Perut yang membuncit disaat hamil terjadi karena adanya peregangan otot perut serta jaringan ikatnya, hal ini terjadi secara alami karena untuk memberikan ruang bagi sang bayi.

Lalu, setelah selesai melahirkan, rahim wanita akan mengecil kembali seperti saat sebelum hamil, namun prosesnya juga tidak instan karena proses mengecilnya rahim setelah melahirkan ini dipengaruhi oleh perubahan hormonal.

BACA JUGA:Perut Buncit Bikin Tidak Percaya Diri, Ini Cara Cepat Mengecilkan Perut Menurut Dr Zaidul Akbar

Begitu pula dengan mengecilkan perut, tentu saja tidak bisa instan ya, pasti ada proses yang harus dilalui.

Namun, jangan khawatir karena beberapa cara ampuh ini mungkin bisa dilakukan untuk membantu bunda mengecilkan perut usai melahirkan.

Meskipun cara ini tidak serta merta membuat perut kemballi rata seperti saat sebelum hamil atau saat gadis dahulu, tetapi dengan mengikuti beberapa usaha atau cara ini masih bisa membantu untuk merampingkan kembali perut yang membuncit usai melahirkan.

Dilansir dari berbagai sumber, beberapa cara ampuh dan efektif untuk membantu mengecilkan perut setelah melahirkan, simak penjelasannya : 

BACA JUGA:8 Cara Cepat Hilangkan Perut Buncit dengan Minuman Alami, Yuk Dicoba!

1. Memiliki waktu istirahat yang cukup

Memang benar setelah melahirkan, seorang wanita pastinya akan bertambah sibuk untuk mengurus sang bayi.

Bahkan terkadang mengabaikan waktu istirahat, namun sebenarnya bunda juga harus perhatian terhadap diri sendiri.

Walaupun mungkin cukup sulit, tetapi harus memiliki waktu tidur dan istirahat yang cukup.

BACA JUGA:Ogah Perut Buncit Tapi Malas Olahraga? Simak Penjelasan Ustaz Abdurrahman Dani, Dijamin Perut Rata

Karena jika tidak memiliki waktu tidur yang cukup maka akan lebih berisiko untuk mengalami obesitas lho. hal ini disebabkan adanya hormon kortisol yang dipengaruhi waktu tidur.

Nah dengan mempunyai waktu istirahat dan tidur yang cukup akan bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap stabil.

2. Menyusui bayi

Salah satu cara alami untuk membantu dalam proses mengecilkan perut ialah dengan menyusui sang buah hati.

BACA JUGA:Perut Buncit dan 'Lato-Lato' Kecil? Jangan Khawatir, Cobain Nih Ramuan Alami Ini!

Selain bermanfaat untuk petumbuhan dan perkembangan bayi, menyusui juga bermanfaat untuk mengecilkan perut bunda usai melahirkan.

Proses menyusui ini dapat membantu membakar banyak kalori per harinya, tidak hanya itu dengan menyusui akan menjadi pemicu adanya kontraksi yang akan bermanfaat untuk membantu proses mengecilkan rahim usai melahirkan.

Nah jika rahim telah mengecil maka perut yang membuncit juga akan lebih mudah untuk mengecil.

Karena itu wanita yang memberikan ASI pada sang bayi selama 6 bulan pertama kehidupan bayi akan bisa membantu menurunkan berat badan bunda lebih cepat usai melahirkan.

BACA JUGA:Amankah Mengkonsumsi Teh Bagi Wanita yang Sedang Haid? Cek Faktanya Disini

3. Aktif bergerak

Setelah melawati fase melahirkan, pastikan untuk tetap bergerak walaupun harus bergerak secara perlahan, namun harus di hindari untuk tidur-tiduran terus menerus apalagi malas bergerak.

Karena jika aktif bergerak juga akan membantu otot-otot agar tidak terlalu kaku usai melahirkan.

4. Melakukan olahraga

BACA JUGA:Saat Bermain Cinta, Ini 4 Daerah Sensitif Wanita yang Wajib Anda Sentuh

Untuk membantu proses mengecilkan perut, olahraga juga bisa dijadikan salah satu solusi nya.

Namun sebelum itu, usahakan untuk mulai berolahraga setelaha lebih kurang enam minggu setelah melahirkan. pastikan juga untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan kira-kira jenis olahraga apa yang cocok dan bisa membantu mengecilkan perut usai melahirkan.

Beberapa contoh olahraga yang mungkin bisa dilakukan ialah, berjalan kaki, melakukan yoga, peregangan, berenang ataupun senam aerobik.

5. Menjaga asupan makanan

BACA JUGA:5 Manfaat Kopi untuk Menjaga Kecantikan Kulit dan Rambut Khusus Wanita

Salah satu cara ampuh yang bisa dilakukan untuk membantu proses mengecilkan perut usai melahirkan ialah dengan menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Konsumsilah makanan-makanan yang mengandung protein, karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, lemak tak jenuh serta konsumsi juga makanan yang tinggi serat.

Disarankan untuk menghidari konsumsi makanan yang cepat saji, hindari juga melakukan diet yang ektrem apalagi sampai membuat tubuh kelaparan, stress dan lelah.

Karena dengan melakukan diet yang ekstrem malah mengganggu dan mempengaruhi produksi ASi sehingga akan mempengaruhi nutrisi untuk sang bayi juga.

BACA JUGA:Wanita Harus Tahu, 5 Makanan ini Bisa Memperbesar Ukuran Payudara

6. Jangan lupa rutin mengkonsumsi air putih

Mengkonsumsi air putih memang sangat penting untuk semua orang. Termasuk untuk membantu proses mengecilkan perut setelah melahirkan.

Hal ini dikarenakan ketika meminum air putih sebelum makan bisa menekan keinginan untuk makan secara berlebihan, sehingga bisa menjadi salah satu solusi tepat untuk membantu proses mengecilkan perut.

7. Mengkonsumsi probiotik

BACA JUGA:Wajib Tahu! Khusus Pasangan Suami Istri, Berikut Tanda Wanita Sehat dan Bugar

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut usai melahirkan adalah dengan mengkonsumsi probiotik.

Dengan mengkonsumsi probiotik akan membantu untuk mengurangi lemak di perut.

Probiotik yang dikenal sebagai bakteri baik akan bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan usus serta sistem pencernaan.

8. Mengkonsumsi cemilan sehat

BACA JUGA:7 Makanan Sehat Ini Bikin Daerah Kewanitaan Selalu Wangi

Seringkali merasakan kelaparan ketika menyusui adalah hal yang wajar. Karena itulah sebaiknya mengkonsumsi cemilan sehat saat lapar melanda.

Pilihlah jenis cemilan yang sehat, seperti buah-buahan pottong atau biji-bijian dan kacang-kacangan. mengkonsumsi buah juga akan bermanfaat untuk indeks massa tubuh yang rendah.

Nah, itulah 8 cara yng bisa dilakukan untuk membantu proses mengecilkan perut usai melahirkan, meskipun hasilnya tidak instan tetapi jika konsisten maka akaan mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: