Amankah Mengkonsumsi Teh Bagi Wanita yang Sedang Haid? Cek Faktanya Disini

Amankah Mengkonsumsi Teh Bagi Wanita yang Sedang Haid? Cek Faktanya Disini

Teh merupakan salah satu minuman yang banyak dikonsumsi.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Sama halnya dengan kopi, teh menjadi salah satu minuman yang disukai banyak orang. Selain rasanya yang nikmat juga bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Teh mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan sistem imun, melawan peradangan dan juga bisa menurunkan risiko potensi sakit kronis.

Namun disamping itu apakah boleh wanita yang sedang haid mengkonsumsi tehatau menstruasi? Karena pada saat haid diketahui hormon dalam tubuh cenderung tidak stabil.

Fakta menyebutkan bahwa mengkonsumi teh terbilang aman dan bisa menurunkan resiko terjadinya dismenore yang mengarah ke nyeri dan kram pada perut. 

BACA JUGA: Hati-Hati! Ini Ciri-Ciri Es Teh yang Sebaiknya Tak Dibeli Menurut BPOM RI

Katekin yang ada pada teh dapat menghambat produksi prostaglandin, yakni senyawa yang merangsang kontraksi rahim sebagai penyebab nyeri haid tetapi perlu dipahami bahwa efek mengkonsumsi teh pada setiap orang bisa berbeda-beda. 

Beberapa wanita mungkin mendapatkan manfaatnya, tetapi sebagian lainnya kemungkinan juga akan mengalami gangguan dan juga perlu memperhatikan jenis teh serta efeknya untuk tubuh.

Meskipun bisa memberikan manfaat, mengonsumsi teh saat menstruasi juga bisa menimbulkan efek samping apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Salah satunya adalah bisa memicu anemia karena pada saat haid tubuh kehilangan cukup banyak darag dimana kondisi ini bisa saja makin terganggu karena mengkonsumsi teh dimana katekin bisa mengganggu penyerapan zat besi yang penting untuk memproduksi sel darah.

BACA JUGA:7 Manfaat Minum Teh Tawar bagi Kesehatan, Diantaranya Bisa Kendalikan Gula Darah

Selain itu efek samping daripada mengkonsumsi teh secara berlebihan saat haid adalah akan menambah cairan yang akan membuat tubuh terasa penuh dimana akan memicu asam lambung dan mual .

Sementara itu juga ada beberapa penelitian menyebutkan bahwa jenis teh yang dipercaya bisa meringankan nyeri pada saat haid adalah teh hijau dan teh oolong.

Namun jika dengan mengkonsumsi teh jenis ini masih tidak membantu bisa coba dengan membuat teh herbal dari rebusan bahan-bahan alami seperti jahe, chamomile, kayu manis, dan daun mint yang diracik jadi minuman herbal.

BACA JUGA:Rahasia Kesegaran dan Kesehatan dalam Setiap Tetes Teh Rosella

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: