Bangga! Dari 8 Jenderal Besar di Dunia, 3 Ada di Indonesia, Sedang Sakit Kronis Pimpin Perang Geriliya

Bangga! Dari 8 Jenderal Besar di Dunia, 3 Ada di Indonesia, Sedang Sakit Kronis Pimpin Perang Geriliya

3 Jenderal besar Indonesia yang terkenal di mata Dunia.--

SUMEKS.CO - Banyak yang belum tahu bila di Indonesia ada 3 jenderal berpangkat bintang 5 alias Jenderal Besar. Ini suatu kebanggaan, sebab di dunia hanya ada 8 Jenderal Besar. 

Dari 8 jenderal bintang 5 itu, 5 orang diantaranya berada di Amerika Serikat. Artinya, dari total 8 pemilik bintang penuh itu, hanya ada di dua negara, yakni Indonesia dan Amerika Serikat. 

Perlu diketahui pangkat bintang 5 adalah pangkat senior dalam militer. Pangkat ini pertama kali digunakan Amerika Serikat tahun 1944.

Lantas siapa saja jenderal bintang lima di dunia? Perlu diketahui dari 3 jenderal bintang 5 di Indonesia, satu diantaranya dalam kondisi sakit kronologi pernah memimpin perang gerilya melawan Belanda. 

BACA JUGA:Healing Yuk! Wisata Sejarah Ke Rumah Singgah Jenderal Sudirman, Hidden Gems di Pacitan Jawa Timur

Berikut 8 jenderal bintang 5 di dunia, yang mungkin ada diantaranya yang kamu ketahui. 

1. Douglas MacArthur

Lahir di Arkansas, 26 Januari 1880, Jenderal asal Amerika Serikat ini terkenal karena kiprahnya sebagai Komandan Tertinggi Sekutu dan strateginya yang ciamik saat Perang Dunia II di Front Pasifik. 

MacArthur juga memimpin pasukan yang dikoordinasikan oleh PBB saat Perang Korea. Dari perang inilah kemudian Korea terbelah menjadi 2, Korea Selatan dan Korea Utara.

Ia juga pernah menjadi Gubernur Akademi AS pada 1919-1922 dan Kepala Staf Angkatan Darat AS pada 21 November 1930-1 Oktober 1935. 

BACA JUGA:Cicit Polisi Jujur Dapat Tiket Akpol dari Kapolri, Siapa Dia?

Ia kemudian mendapat pangkat Marsekal Lapangan dari Angkatan Darat Filipina karena telah membantu berdirinya Angkatan Darat Filipina pada 1935. 

Educational Foundation menyebut, Douglas MacArthur telah memenuhi takdirnya untuk menjadi salah satu tokoh besar dalam sejarah.

2. George Catlett Marshall

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: