Ibu Hamil Wajib Tahu! Kenali 10 Cara Mengatasi Rasa Cemas Jelang Hari Persalinan

Ibu Hamil Wajib Tahu! Kenali 10 Cara Mengatasi Rasa Cemas Jelang Hari Persalinan

Ibu hamil sering mengalami kecemasan menjelang waktu persalinan.--dok : sumsek.co

SUMEKS.CO – Biasanya ibu hamil yang sudah mendekati hari persalinannya akan dihantui rasa cemas serta ketakutan. Rasa takut yang muncul mendekati waktu persalinan merupakan wajar.

Walaupun rasa khawatir dan rasa takut adalah wajar, tetap saja harus waspada. Jangan sampai perasaan takut yang ada malah melemahkan semangat ibu untuk bertemu sang buah hati.

Rasa takut dan cemas yang alami ibu hamil ini biasanya dipicu berbagai hal. Salah satunya ibu hamil cendrung memikirkan hal-hal buruk. Di antaranya rasa sakit saat kontraksi, takut jika harus melahirkan secara caesar hingga pikiran negatif lainnya.

Sebenarnya memikirkan hal-hal buruk terhadap persalinan yang akan dihadapi justru tidak baik karena akan membuat ibu hamil makin ketakutan sehingga akan menimbulkan perasaan stress.

BACA JUGA:Ibu Hamil Sering Minum Air Dingin Bisa Sebabkan Bayi dalam Kandungan Membesar, Benarkah? Ini Faktanya

Itulah sangat perlu mengetahui bagaimana cara agar bisa mengatasi rasa cemas menjelang hari persalinan sehingga bisa mengurangi perasaan takut dan cemas.

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa cemas saat menjelang hari persalinan:

1. Rutin untuk berkonsultasi dengan dokter

Berkonsultasi dengan dokter merupakan hal yang sangat penting dilakukan ibu hamil. Untuk memastikan kepada dokter maupun bidan yang merawat tentang kapan tanggal perkiraan dari persalinan.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini 9 Gejala Pneumonia Pada Ibu Hamil Serta Cara Mengatasi

Selain itu bisa menceritakan ketakutan ataupun hal-hal yang membuat cemas kepada dokter. Bisa juga meminta pendapat dokter tentang metode apa yang diinginkan saat bersalin nanti.

Mendapatkan penggetahuan mengenai cara persalinan dan penjelasan dari dokter diharapkan bisa menumbuhkan rasa kepercayaan diri serta semangat ibu hamil untuk menghadapi hari persalinan nanti.

2. Melakukan teknik relaksasi

Pada saat rasa cemas menghadapi persalinan muncul, ibu hamil disarankan untuk melakukan teknik relaksasi contohnya dengan melakukan meditasi.

BACA JUGA:Berikan Pelayanan Ibu Hamil dan Emergency di Daerah Terpencil, Bupati akan bagikan 19 Mobil Ambulans

Relaksasi merupakan cara yang bagus untuk menenangkan pikiran serta membuat tubuh lebi tenang.

Melakukan meditasi akan mengurangi rasa takut melahirkan lho, meditasi bisa dilakukan dengan cara sejenak memejamkan mata lalu menarik nafas secara mendalam kemudian menghembuskannya secara perlahan.

Usahakan pikiran bumil rileks serta memperhatikan proses keluar masuknya udara saat bernafas.

3. Mengikuti kelas persalinan

BACA JUGA:Cegah Stunting, Ibu Hamil 'Wajib' Konsumsi Telur dan Susu

Salah satu cara untuk mengatasi rasa cemas bersalin yaitu dengan mengikuti kelas persalinan. Hal ini akan bermanfaat untuk ibu hamil bisa mempersiapkan diri dan menambah kepercayaan diri dengan mengelola rasa takut.

Biasanya ketika mengikuti kelas persalinan ibu hamil akan diberikan berbagai informasi mengenai proses persalinan dan juga bisa belajar bagaimana mengelola rasa sakit sakit.

4. Memperhatikan pola makan yang baik

Memberikan asupan yang sehat dan seimbang sangat penting karena merupakan salah satu cara untuk membantu dan mangatasi kecemasan menjelang hari persalinan.

BACA JUGA:Ibu Hamil Wajib Tau, Tak Cuma Nikmat Kopi dan Teh Ternyata Banyak Efek Negatif Lho

Dengan memperhatikan asupan dan nutrisi yang baik akan membuat ibu hamil merasakan didukung dan berpengaruh pada kesehatan mental sang ibu.

5. Tetap hidup sehat dan bergerak aktif

Perasaan cemas akan membuat ibu hamil kehilangan semangat dan merasa tidak berdaya, maka salah satu cara untuk mengatasi rasa takut persalinan ini adalah dengan cara tetap memastikan bahwa asupan yang masuk kedalam tubuh merupakan makanan-makanan yang sehat.

Selain mengkonsumsi makanan sehat sebaiknya ibu hamil juga melakukan olahraga ringan.

BACA JUGA:3 Manfaat Buah Ceri, Ibu Hamil Wajib Tahu

6. Melakukan hal yang menyenangkan

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurasi rasa cemas ibu hamil ialah dengan melakukan hal yang menyenangkan bagi ibu hamil.

Ingat ya, jangan biarkan rasa cemas yang ada mengalahkan hasrat untuk melakukan berbagai hal yang disukai.

Melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti memasak, menulis, bernyanyi, ataupun hanya sekedar berjalan-jalan menikmati pemandangan akan meningkatkan hormon bahagia dan bisa mengusir rasa cemas.

BACA JUGA: Mengenal Penyakit Tipes, Serta Mengetahui Apa Saja Gejala Tipes dan Cara Pencegahannya

Ketika perasaan cemas muncul sebelum hari persalinan tiba maka bisa bisa mengalihkan pikiran negatif dengan membaca buku ibu hamil atau menonton film favorit.

7. Memilih dokter ataupun bidan yang bisa dipercaya

Salah satu aspek penting menjelang hari persalinan ialah dengan memilih dokter kandungan ataupun bidan yang tepat dan cocok.

Sangat penting untuk memastikan dokter kandungan yang akan membantu persalinan punya pengalaman yang bagus dan ibu hamil bisa mempercayai dokter yang membantu pesalinan sepenuhnya.

BACA JUGA:Lagi Galau? Yuk Cobain 9 Rekomendasi Makanan Ini Buat Usir Badmood

Memiliki rasa percaya terhadap dokter atau bidan yang akan membantu persalinan akan membuat ibu hamil lebih percaya diri dan yakin dengan persalinan yang dihadapi nanti.

8. Mencari dukungan dari sahabat maupun keluarga terdekat

Ketika ibu hamil dikelilingi oleh lingkungan yang mendukung dan memberinya semangat akan membuat ibu hamil lebih optimis dan memiliki rasa percaya diri akan persalinannya.

Memiliki dukungan dari keluarga merupakan hal yang penting, ibu hamil juga disarankan untuk bercerita dengan anggota keluarga ataupun sahabat yang duah memiliki pengalaman melahirkan sebelumnya.

BACA JUGA:Jangan Sampai Tumbang Usai Liburan Panjang, Ini 5 Tips Sederhana Menjaga Tubuh Tetap Fit

9. Paham akan rasa sakit saat melahirkan

Ketika rasa takut menghampiri upayakan seorang ibu hamil mengubah pola pemikirannya mengenai persalinan.

Penting bagi ibu hamil untuk memahami bahwa rasa sakit yang akan dirasakan saat persalinan nanti merupakan hal yang wajar dirasakan setiap ibu.

Sensasi disaat melahirkan ini tidak bisa dipungkiri karena lewat rasa sakit itulah yang akan membawa sang buah hati lahir ke dunia. dengan memahami bahwa perempuan sebagai ibu yang akan melahirkan seorang anak ke dunia akan lebih mudah untuk bisa lebih mengendalikan rasa cemas yang muncul.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ternyata Ini 8 Manfaat Mandi Air Garam Bagi Kesehatan Tubuh, Simak Penjelasannya

10. Komunikasikan dengan pasangan

Peran pasangan atau ayah dari bayi sangatlah penting, seorang ibu hamil bisa bercerita dengan pasangannya mengenai ketakutan apa yang dialami.

Peran dan dukungan dari pasangan juga akan membawa pengaruh yang baik dan meningkatkan semangat dari ibu hamil.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Ternyata Inilah 10 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan Tubuh

Jadi, itulah 10 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa cemas pada ibu hamil menjelang hari persalinan. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: