Ibu Hamil Sering Minum Air Dingin Bisa Sebabkan Bayi dalam Kandungan Membesar, Benarkah? Ini Faktanya

Ibu Hamil Sering Minum Air Dingin Bisa Sebabkan Bayi dalam Kandungan Membesar, Benarkah? Ini Faktanya

Ibu hamil yang sering minum air dingin atau air es dipercaya membuat kandungan cepat membesar--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Banyak mitos beredar di kalangan masyarakat yang menyebut bahwa ibu hamil dilarang minum air dingin atau air es karena akan membuat pertumbuhan janin lebih cepat dan bayi dalam kandungan akan semakin membesar.

Tidak hanya itu bahkan beberapa orang juga menyebutkan berat badan bayi akan menjadi lebih besar dari perkiraan dan kepercayaan ini sudah menjamur di lingkup masyarakat Indonesia.

Lantas apakah dengan minum air dingin atau air es bisa membuat bayi dalam kandungan ibu hamil benar-benar akan membesar? Atau ini hanya mitos belaka yang tidak terbukti kebenarannya? Berikut penjelasannya.

Dikutip dari berbagai sumber hal ini bahkan dijelaskan oleh dokter sekaligus Healthy Educator, dr Nadia Alaydrus yang menjelaskan bahwa minum air dingin atau air es pada ibu hamil sebetulnya diperbolehkan. 

BACA JUGA:Ibu Hamil Wajib Tau, Tak Cuma Nikmat Kopi dan Teh Ternyata Banyak Efek Negatif Lho

Biasanya di pagi hari ibu hamil akan mengalami mual sehingga untuk meredakannya bisa dengan mengonsumsi air dingin atau air es.

Hal ini sebenarnya bukan menjadi masalah namun akan menjadi masalah besar jika ibu hamil mengkonsumsi es yang dilengkapi dengan kandungan gula yang tinggi serta berbagai topping.

Nah adanya beragam topping dan gula inilah yang membuat kandungan kalori semakin meningkat dan bisa menyebabkan berbagai permasalahan pada tubuh dan menimbulkan penyakit.

Parahnya lagi hal ini bisa menyebabkan ibu hamil berisiko mengalami penyakit diabetes gestasional dimana inilah yang menjadi penyebab janin dapat berukuran lebih besar. 

BACA JUGA:Saat Hamil Makan Kacang Hijau Membuat Rambut Bayi Lebat, Benarkah?

Jadi untuk itu disarankan kepada ibu hamil yang mengidam atau menginginkan mengonsumsi air dingin, lebih baik minum air putih saja karena dalam kalori air putih itu memiliki nol kalori.

Langkah pencegahan lain yang bisa jadi alternatif jika ibu hamil ingin mengonsumsi makanan atau minuman manis bisa mendapatkannya dari buah-buahan yang segar dimana hal itu akan lebih aman jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

Diketahui selama masa kehamilan ibu hamil memang mengalami peningkatan produksi hormon yang luar biasa yang salah satunya bisa membuat suhu tubuh Ibu meningkat dan menjadikan Ibu hamil mudah kepanasan. 

Bukan berarti ibu hamil bisa selalu minum air es, membuat kebutuhan pembakaran lebih banyak dengan naiknya suhu tubuh kemungkinan bisa mencerna air es yang dingin dan membuat ibu hamil akan menjadi mudah lelah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: