Cegah Stunting, Ibu Hamil 'Wajib' Konsumsi Telur dan Susu

Cegah Stunting, Ibu Hamil 'Wajib' Konsumsi Telur dan Susu

Anggota DPR RI, Irma Suryani Chaniago menyambangi Desa Cahaya Mulya, Kecamatan Mesuji Makmur, Kabupaten OKI, Jumat 17 November 2023 siang.--

MESUJI MAKMUR, SUMEKS.CO - Anggota DPR RI, Irma Suryani Chaniago menyambangi Desa Cahaya Mulya, Kecamatan Mesuji Makmur, Kabupaten OKI, Jumat 17 November 2023 siang.

Kedatangan komisi IX dari partai Nasdem tersebut, tak lain untuk melakukan sosialisasi promosi KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi) percepatan penurunan stunting di Desa tersebut.

Dalam kesempatan itu, perempuan kelahiran 1965 itu mengimbau kepada seluruh masyarakat yang hadir untuk mencegah terjadinya stunting yang dimulai dari pasangan usia produktif

Salah-satunya, dengan menyediakan persediaan air bersih supaya anak tidak terkena diare dan menjaga lingkungan tetap sehat.

BACA JUGA: Rekap Hasil Kumamoto Masters 2023 : Gregoria Amankan Tiket 4 Besar, Jojo Tumbang dari Viktor Axelsen

"Bapak-bapak juga harus berikan istrinya susu dan telur terutama saat hamil," sebutnya.

Pemberian telur, harus dilaksanakan minimal seminggu tiga kali dan juga diberikan susu supaya anak di dalam kandungan vitaminnya cukup.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumsel, Mediheryanto SH MH yang turut hadir dalam kegiatan itu menyebutkan, para calon orang tua harus mencegah stunting sedini mungkin.

Dimana, anak stunting disebabkan karena perkembangan otak yang terlambat sehingga tidak bisa mengikuti pendidikan formal seperti anak normal pada umumnya.

BACA JUGA:Pemkot Palembang Segera Atasi Aksi Premanisme di Kawasan BKB, Dirikan Posko Terpadu 24 Jam

Ketakutan lain, pada usia dewasa anak stunting tidak bisa bersaing di dunia lapangan pekerjaan. 

Lalu, umur berapa anak bisa dikatakan stunting? Dia menerangkan, anak bisa dikatakan stunting setelah berusia 2 tahun dengan ciri ciri tertentu.

"Untuk itu, perlu dilakukan uoaya cegah stunting. Diantaranya dengan program keluarga berencana dan selama 1000 hari kehidupan untuk pemenuhan kebutuhan gizi dan vitamin yang cukup," ajaknya.

Anggota DPRD OKI, M Reki SH MM menyambut baik kedatangan DPR RI dalam rangka sosialisasi stunting. Bahkan, dia juga menyebutkan bahwa Irma Suryani merupakan DPR RI terbaik se Indonesia di tahun 2018. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: