Wajib Tahu! Ini 9 Gejala Pneumonia Pada Ibu Hamil Serta Cara Mengatasi

Wajib Tahu! Ini 9 Gejala Pneumonia Pada Ibu Hamil Serta Cara Mengatasi

Pneumonia termasuk penyakit yang bisa mengancam jiwa jika tidak segera ditangani, termasuk ibu hamil. --net

SUMEKS.CO – Pada umumnya gejala pneumonia telihat dari batuk ataupun pilek biasa, yang kemudian menyebar ke paru-paru. 

Pneumonia ini bisa mengancam jiwa jika tidak segera ditangani. Apalagi pada ibu hamil yang akan lebih rentan terkena komplikasi.

Beberapa masalah kesehatan yang dapat membahayakan kesehatan janin di dalam kandungan ibu hamil, salah satunya ialah pneumonia. 

Infeksi yang menyerang paru-paru akan mengakibatkan peradangan baik pada salah satu ataupun kedua paru-paru.

BACA JUGA:8 Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Leher Akibat Terlalu Lama Bekerja di Depan Laptop

Seorang ibu hamil biasanya akan merasakan keluhan umum seperti merasakan sesak nafas apalagi saat sudah memasuki kehamilan pada trimester akhir.

Tetapi tidak boleh dianggap remeh dan wajib tahu bahwa keluhan sesak nafas tersebut bisa saja menjadi awal gejala pneumonia pada ibu hamil.

Pneumonia ini juga bisa muncul sebagai komplikasi dari berbagai penyakit tertentu. Contohnya cacar air atau influenza, jika dibiarkan pneumonia ini dapat mengancam keselamatan ibu hamil serta bayi dalam kandungan.

Gejala pneumonia biasanya disebabkan oleh cuaca yang dingin, karena disaat musim hujan dan musim dingin maka akan banyak yang terserang flu dan juga pilek.

BACA JUGA:Si Hitam Manis dan Sehat! Berikut 11 Manfaat Ajaib Black Garlic untuk Kesehatan

Pada ibu hamil yang mungkin bisa terkena pneumonia karena memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, atau bisa juga karena kapasitas paru-paru akibat tekanan dari rahim yang sudah membesar.

Untuk lebih jelasnya telah SUMEKS.CO rangkum dari berbagai sumber, apa saja sih gejala pneumonia pada ibu hamil, yuk simak penjelasannya,

1. Mengalami sesak nafas

Gejala pneumonia pada ibu hamil yang pertama yaitu mengalami sesak nafas, sebenarnya mengalami sesak nafas merupakan hal yang sudah lumrah dirasakan ibu hamil apalagi jika perut sudah semakin membesar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: