Mengenal Penyakit Tipes, Serta Mengetahui Apa Saja Gejala Tipes dan Cara Pencegahannya

 Mengenal Penyakit Tipes, Serta Mengetahui Apa Saja  Gejala Tipes dan Cara Pencegahannya

Ilustrasi--net

SUMEKS.CO – Tipes merupakan penyakit yang disebabkan bakteri. Salah satu gejala tipes biasanya akan muncul jika sudah terkena infeksi pada masa inkubasi yang berbeda setiap orangnya.

Gejala tipes ini akan mulai muncul pada kurun waktu 6 hari smpai 30 hari setelah tubuh terkena infeksi dari bakteri salmonella typhi.

Penyakit tipes ini umumnya akan tersebar melalui makanan ataupun minuman yang sudah terkontaminasi bakteri salmonella typhi tersebut.

Perlu untuk diketahui meski pun tifus dan tipes adalah penyakit yang disebabkan infeksi namun tifus terjadi akibat dari bakteri Rickettsia dan Orientia dari gigitan kuku atau tungau, sedangkan tipes diakibatkan oleh infeksi yang menular melalui makanan atau minuman.

BACA JUGA:Perlu Diketahui, Inilah 8 Manfaat Membiarkan Anak Bermain dan Mandi Air Hujan

Ketika seseorang terserang bakteri yang mengakibatkan tipes, biasanya akan menunjukkan beberapa reaksi gejalanya, secara umum gejala tipes akan bertahap.

Dilansir dari klikdokter.com, ciri-ciri seseorang mengalami tipes akan memperlihatkan reaksi atau menimbulkan gejala seperti berikut:

1. Mengalami demam

Demam merupakan salah satu gejala umum yang akan dirasakan seseorang jika terserang sebuah penyakit, nah sama hal nya saat seseorang terkena virus dan bakteri maka akan bereaksi tubuh menjadi demam.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ternyata Ini 8 Manfaat Mandi Air Garam Bagi Kesehatan Tubuh, Simak Penjelasannya

Demam ini bisa terjadi kepada siapa saja baik anak-anak ataupun orangtua. Terjadinya demam ini merupakan respon dari pertahanan dalam tubuh untuk melawan infeksi serta berusaha mengembalikan keseimbangan dalam tubuh.

2. Nafsu makan jadi menurun

Gejala tipes selanjutnya yaitu membuat nafsu makan seseorang menjadi turun. Nah, hal ini disebabkan oleh seseorang yang mengalami gejala tipes akan mengalami mual dan juga sakit perut.

Ketika nafsu makan berkurang akan berdampak juga pada kurangnya asupan makanan serta sumber serat dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: