Musim Hujan! 5 Vitamin Penting untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Tumbang

Musim Hujan! 5 Vitamin Penting untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Tumbang

Minum vitamin salah satu cara untuk menjaga tahan tubuh pada musim penghujan.--dok : sumeks.co

BACA JUGA:Coba 5 Minuman Alami Ini, Kesehatan Prima Daya Tahan Tubuh Kuat, No 5 Konsumsi Harian Tapi Kok?

Menurut Mayo Clinic, vitamin ini juga memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan pelindung saraf yang mendukung kesehatan kekebalan tubuh, fungsi otot, dan aktivitas sel otak.

Nah apalagi saat musim hujan saat ini, paparan sinar matahari mungkin terbatas. Karena sinar matahari juga merupakan sumber utama vitamin D. 

Oleh karena itu, dapat mengganti dengan mengonsumsi suplemen vitamin D untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin D di musim hujan.

Nah Dengan memastikan kadar vitamin D tetap terpenuhi, dapat membantu mengontrol respons imun dan mendorong pengembangan peptida antimikroba yang menangkal infeksi selama musim hujan.

BACA JUGA:Ini Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Cuaca Panas

Vitamin D juga berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh, dan dapat mengurangi risiko penyakit autoimun seperti diabetes, asma, dan artritis reumatoid.

3. Vitamin B6

Vitamin ini membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi sel, yang dapat mengurangi energi dan meningkatkan kelelahan selama musim hujan. 

Tterlebih jika menderita gangguan afektif musiman. Sumber vitamin B6 dapat ditemukan dalam pisang, tuna dan salmon, kacang-kacangan, daging sapi dan unggas, biji-bijian hingga sereal yang telah diperkaya dengan vitamin.

BACA JUGA:7 Jenis Makanan dan Minuman Ini Ampuh Atasi Kecanduan Rokok, Bikin Paru-Paru Sehat 

Vitamin B6 ialah vitamin larut air yang penting untuk meningkatkan kesehatan imunologis. Vitamin B6 ini mempunyai peran dalam beberapa fungsi biologis, seperti mensintesis antibodi dan mengendalikan aktivitas sel kekebalan yang pastinya menjaga daya tahan tubuh. 

Dengan memenuhi kebutuhan vitamin B6, itu akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh selama musim hujan ketika kondisi tengah menurun. 

4. Zat besi

Zat besi juga meningkatkan energi, mendorong kehamilan yang sehat dan meningkatkan performa atletik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: