Suka Mengantuk Saat Bekerja! Coba 11 Tips Ini Mata Auto Melek Terus dan Disayang Bos

Suka Mengantuk Saat Bekerja! Coba 11 Tips Ini Mata Auto Melek Terus dan Disayang Bos

Mengantuk di saat jam kerja sering dialami pekerja terutama pada siang hari.--sumeks.co

SUMEKS.CO – Sering mengantuk disaat sedang bekerja adalah hal yang wajar. Namun hal ini akan mempengaruhi produktivitas dan bisa jadi dimarahi bos.

Kelelahan saat bekerja apalagi disaat jam-jam yang rawan, seperti setelah makan siang atau saat sore hari akan menyebabkan rasa ngantuk yang tidak tertahan.

Merasakan ngantuk setelah makan siang sehingga sulit untuk melanjutkan pekerjaan, bisa disebabkan beberapa makanan yang mungkin dikonsumsi.

Nah, merasakan kelelahan ini akan terpengaruh jika tubuh tidak memiliki insulin yang cukup.

BACA JUGA:Sering Ngantuk di Pagi Hari? Yuk Ikuti Tips ini Supaya Bisa Produktif Sepanjang Hari

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dipraktikkan untuk mengurangi rasa ngantuk saat sedang bekerja.

Nah, berikut ada 11 cara yang dikumpulkan SUMEKS.CO dari berbagai sumber untuk dicoba agar kantuk hilang dan mata auto melek terus.

1. Mencuci muka menggunakan air dingin

Jika mengalami rasa kantuk saat bekerja, maka bisa mencoba untuk pergi sebentar ke kamar mandi kemudian basuhlah kulit wajah dengan air dingin.

BACA JUGA: Cuma Pakai Bahan yang Ada di Dapur, Batuk Berdahak Hilang Dalam Waktu Singkat

Sensasi dari air dingin yang mengenai kulit wajah akan membuat tubuh merasakan lebih segar sehingga akan membuat rasa ngantuk yang ada secara pelahan-lahan akan menghilang.

Kemudian jika memang memungkinkan juga bisa mengompress wajah dengan es batu, kompress yang dingin akan membuat wajah kembali menyegarkan, balut es batu tersebut dengan handuk kecil kemudian bisa menempelkannya ke wajah dan juga area kelopak mata.

2. Minum secangkir kafein

Salah satu minuman yang dipilih untuk menghilangkan rasa ngantuk saat disiang hari dan juga pada jam kerja yaitu dengan meminum segelas kopi.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini 9 Gejala Pneumonia Pada Ibu Hamil Serta Cara Mengatasi

Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein marupakan stimulus yang berguna untuk meningkatkan aktivitas di otak serta pada sistem saraf.

Namun beberapa orang ada juga yang tidak menyukai kopi loh, nah jika memang tidak menyukai kopi maka bisa mencoba beberapa minuman berkafein lainnya ya, contohnya seperti mengkonsumsi teh hitam ataupun teh hijau.

Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein ini juga haru bijak ya, jangan sampai berlebihan dan terlalu banyak sehingga akan menimbulkan efek gelisah yang justru akan berdampak buruk pada kinerja tubuh.

3. Mencoba menggerakkan tubuh dengan sedikit berjalan-jalan di sekitar kantor

BACA JUGA:8 Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Leher Akibat Terlalu Lama Bekerja di Depan Laptop

Seringkali rasa ngantuk akan timbul jika tubuh tidak bergerak dalam waktu yang berjam-jam, apalagi saat bekerja cendrung dengan posisi duduk seharian di depan layar komputer. Maka dari itu cobalah untuk menggerakkan tubuh dengan berjalan-jalan sebentar di sekitaran kantor.

Selain itu juga bisa melakukan peregangan otot tubuh untuk mengurangi rasa kaku, melakukan peregangan sederhana dengan cara menggerakkan kepala ke arah kiri dan juga kanan, kemudian mendorong kedua tangan untuk bisa saling bertautan.

Kemudian mengarahkan tautan tangan tersebut ke atas kepala, disertai dengan melakukan peregangan sederhana dibagian pinggang.

4. Makan permen karet

BACA JUGA: Bukan Hanya Bumbu Masak, Jerawat Membandel Bisa Lenyap, Ini 10 Manfaat Lengkuas

Mungkin sudah sering mendengar bahwa dengan mengunyah permen karet bisa mengusir rasa kantuk loh, dengan mengunyah permen karet dapat meningkatkan rasa waspada yang akan menjaga konsentrasi.

Nah karena itulah jika memang sering merasakan ngatuk saat jam kantor maka bisa menyediakan selalu permen karet di laci kerja atau meletakkannya di dalam tas.

5. Coba untuk mendengar musik dengan tempo yang cepat

Disaat sedang berada di tempat kerja apalagi jika hanya sepi senyap dan yang terdengar hanyalah suara keyboard dari komputer maka akan lebih memperparah rasa ngantuk.

BACA JUGA:Jaga Kadar Gula Darah dan Kolesterol, Ini Tips Sehat Usai Menyantap Hidangan Natal Agar Tetap Aman

Maka cobalah bekerja sambil mendengarkan musik, pilihlah jenis musik yang ceria atau musik yang ngebeat sehingga dapat meningkatkan semangat dan menemani saat bekerja.

Jika memang tidak ingin mengganggu lingkungan sekitar tempat kerja karena suara musik yang nyaring maka bisa mencoba mendengarkan musik saat bekerja dengan menggunakan earphone.

6. Minumlah segelas air putih

Ketika seseorang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan maka akan menjadi salah satu pemicu datangnya rasa ngantuk.

BACA JUGA:Malas Minum Air Putih? 10 Bahaya Dehidrasi Berujung Merusak Organ Tubuh

Oleh karena itulah pastikan untuk selalu minum air putih yang cukup ya biar bisa mengurangi rasa ngantuk saat sedang bekerja.

Disarankan untuk meminum air dingin daripada air hangat ya, karena jika tubuh merasakan hangat akan menyebabkan mata merasa semakin ngantuk, makanya lebih baik untuk meminum air dingin saat mengantuk.

7. Mengkonsumsi cemilan sehat

Ketika tubuh mengalami kekurangan energi maka dapat menjadi salah satu faktor pemicu seseorang merasakan kelelahan serta menjadi mudah mengantuk.

BACA JUGA:Jangan Sampai Terlewatkan, Pentingnya untuk Melakukan Vaksin Hepatitis B untuk Anak

Karena itu saat di sela-sela jam kerja usahakan untuk ngemil makanan yang sehat ya.

Contohnya bisa ngemil sehat dengan mengkonsumsi buah-buahan, yogurt ataupun bisa mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung protein tinggi, tapi ingat jangan bekerja dengan ngemil makanan yang berat ya karena hal itu malah akan memperburuk rasa ngantuk.

8. Mengobrol dengan teman

Perasaan bosan dan juga kelelahan akan membuat tubuh merasakan ngantuk loh, nah jika hal ini terjadi saat sedang bekerja maka dapat mengajak teman untuk mengobrol atau sekedar berinteraksi, hal ini bertujuan untuk mengurangi perasaan bosan saat sedang bekerja dan bisa mengalihkan rasa ngantuk yang ada.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Makanan dan Minuman yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Mengobrol bersama teman kerja bisa sedikit mengurangi rasa stress loh, tetapi tetap harus diingat ya jika mengajak teman kantor mengobrol usahakan teman yang diajak tersebut tidak merasa terganggu, jadi harus bisa peka dan melihat situasi!

9. Coba mengatur pernafasan

Mengatur pernafasan akan membuat kadar oksigen darah yang ada di dalam tubuh, hal ini akan memperlambat detak jantung hingga menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi yang ada.

Dengan mengatur pernafasan dapat membantu untuk mengusir rasa ngantuk apalagi di saat sedang bekerja.

BACA JUGA:Covid 19 di Indonesia Melonjak Naik! Jangan Panik, Begini Tangani Gejala Awalnya

Mengatur pernafasan dengan cara duduk yang tegak, lalu menarik nafas dengan dalam dan mengeluarkannya lewat mulut.

10. Mendapatkan cahaya sinar matahari

Cahaya matahari akan mempengaruhi ritme sirkadian di dalam tubuh, nah karena itulah ketika bangun di pagi hari dan melanjutkan aktivitas seharian penuh.

Jika sedang merasakan ngantuk saat bekerja maka cobalah untuk pergi ke area yang terkena cahaya paparan sinar matahari, terkena paparan sinar matahari bisa bermanfaat agar mengurangi rasa ngantuk.

BACA JUGA:Awas! Ini 6 Bahaya Konsumsi Makanan yang Dibakar, Nataru Jangan Sampai Overeating

11. Tidur sejenak

Ketika sudah merasakan ngantuk yang tidak bisa tertahan lagi di siang hari, dengan memejamkan mata sejenak merupakan cara yang tidak bisa dihindari untuk menghilangkan rasa ngantuk saat sedang bekerja.

Nah, jika memang hal ini terjadi maka yang bisa dilakukan adalah degan tidur sejenak saat jam makan siang, namun jangan lupa untuk mengaktifkan alarm saat tidur sejenak, jangan sampai malah kebablasan.

BACA JUGA:Sering Stress Saat Bekerja, Yuk Intip 9 Cara Mengelola Stess Agar Semangat Kerja Meningkat

Itulah 11 tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa ngantuk yang terjadi saat jam kerja. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: