Malas Minum Air Putih? 10 Bahaya Dehidrasi Berujung Merusak Organ Tubuh

Malas Minum Air Putih? 10 Bahaya Dehidrasi Berujung Merusak Organ Tubuh

Malas untuk minum air putih akan menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi yang beresiko merusak organ tubuh.--

SUMEKS.CO – Sering malas untuk minum air putih yang cukup akan menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi yang akan menyebabkan kerusakan pada organ tubuh salah satunya bisa terkena gangguan ginjal.

Nah jika seseorang malas minum air putih sampai mengalami dehidrasi hal tersebut harus diwaspadai ya,

karena ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka ginjal tidak akan berfungsi dengan optimal dan akan mengalami tekanan yang berlebih sehingga akan menyebabkan adanya masalah kesehatan pada ginjal.

Hal ini disebabkan oleh kadar air yang seimbang akan membantu untuk membuang limbah ataupun zat sisa dari darah dalam bentuk urine, nah saat tubuh kekurangan cairan dari air putih maka, ginjal akan kesulitan untuk membuang urine.

BACA JUGA:Sering Merasakan Nyeri Dada? Yuk Kenali Gejala, Penyebab Serta Cara Pencegahannya

Hal ini akan menyebabkan mineral menumpuk di ginjal yang megakibatkan ginjal menjadi bekerja dengan terlalu keras dan mineral tersebut akan mengkristal lalu menjadu batu ginjal.

Nah selain menyebabkan gangguan pada ginjal mengalami dehidrasi juga merupakan saat tubuh kehilangan cairan dan ketidakseimbangan mineral elektrolik, nah jika tidak ditangani dengan tepat maka dehidrasi bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya, yuk kenali apa saja bahaya dehidrasi bagi kesehatan organ,

1. Kejang

Disaat tubuh sedang kekurangan air, maka kadar elektrolit seperti kalium dan juga natrium akan mengalami ketidakseimbangan, padahal kedua mineral ini merupakan pemberi sinyal ke sel-sel yang akan membantu tubuh untuk menggerakkan otot.

BACA JUGA:Awas! Ini 6 Bahaya Konsumsi Makanan yang Dibakar, Nataru Jangan Sampai Overeating

Nah, jika kedua elektrolit ini tidak seimbang, maka akan mengakibatkan otot mengencang serta menjadi tidak terkendali yang akan menimbulkan reaksi kejang.

Bahkan pada kondisi yang sudah serius dapat menyebabakan seseorang kehilangan kesadarannya.

2. Hipotensi

Mengalami dehidrasi juga bisa mengakibatkan hipotensi atau penurunan tekanan darah. hal ini terjadi karena jika tubuh kekurangan cairan maka akan membuat volume darah menjadi menurun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: